PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KNISLEY BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 2 MENDOYO

Pratiwi, Ni Made Yunita Putri (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KNISLEY BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 2 MENDOYO. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113011006-COVER.pdf

Download (809kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113011006-ABSTRAK.pdf

Download (270kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (306kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011006-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011006-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113011006-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Memahami konsep matematika adalah hal penting bagi siswa, namun kenyataannya masih banyak yang kesulitan dalam hal ini. Untuk itu, dibutuhkan metode pembelajaran yang mampu membantu siswa mengembangkan pemahaman konsep matematika secara lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran matematika Knisley yang didukung oleh E-LKPD lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas X di SMA Negeri 2 Mendoyo. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain post-test only control group. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Mendoyo tahun ajaran 2024/2025 sebanyak 308 siswa yang terbagi menjadi 9 kelas. Sampel dipilih secara cluster random sampling, dengan kelas X6 sebagai kelas eksperimen (33 siswa) dan X8 sebagai kelas kontrol (34 siswa) dan dinyatakan setara berdasarkan nilai PSAS semester ganjil. Data diperoleh melalui tes uraian dan dianalisis menggunakan uji independent sample t-test pada taraf signifikansi 5%. Hasilnya, rata-rata nilai posttest kelas eksperimen adalah 77,89, lebih baik dibandingkan kelas kontrol yang memperoleh rata-rata 69,03. Uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi 0,006 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran matematika Knisley berbantuan E-LKPD secara signifikan lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dibandingkan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: MPMK, pemahaman konsep matematis, E-LKPD
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Ni Made Yunita Putri Pratiwi
Date Deposited: 23 Jul 2025 08:32
Last Modified: 23 Jul 2025 08:32
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25896

Actions (login required)

View Item View Item