PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS VISUAL NOVEL MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Yana, I Putu Andha (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS VISUAL NOVEL MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113011061-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113011061-ABSTRAK.pdf

Download (232kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011061-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (307kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011061-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011061-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011061-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011061-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011061-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113011061-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis visual novel pada materi sudut keliling dan sudut pusat untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini menerapkan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D yang dilaksanakan hanya sampai tahap develop saja. Media ini dikembangkan dengan Articulate Storyline 3 sebagai aplikasi utama dan Canva serta Geogebra sebagai aplikasi pendukung. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI B di SMA Negeri 1 Singaraja. Media pembelajaran yang dikembangkan memiliki beberapa karakteristik, yaitu belajar melalui cerita bertemakan misteri, interaktivitas yang tinggi akibat percabangan cerita, mendorong keterlibatan aktif dan eksploratif, adaptif dengan tingkat kemampuan siswa, multiplatform karena berupa halaman web. Hasil validitas materi diperoleh skor rata-rata 4,81 dengan kategori sangat valid, sedangkan kelayakan media memperoleh skor rata-rata 4,85 dengan kategori sangat layak. Kepraktisan media menggunakan instrumen UEQ menunjukkan hasil aspek daya tarik memperoleh skor 2,56, kejelasan 2,33, efisiensi 2,13, ketepatan 2,17, stimulasi 2,42, dan kebaruan 2,42 semuanya masuk dalam kategori unggul. Efektivitas dianalisis dengan N-Gain dengan skor rata-rata sebesar 0,86 yang termasuk kategori tinggi. Hasilnya media pembelajaran interaktif berbasis visual novel yang dikembangkan dinilai valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Visual Novel, Articulate Storyline 3, Pemahaman Konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: I Putu Andha Yana
Date Deposited: 24 Jul 2025 01:32
Last Modified: 24 Jul 2025 01:32
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25912

Actions (login required)

View Item View Item