Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar PJOK Materi Teknik Dasar Passing Bola voli Kelas V SD No. 10 Jimbaran Tahun 2024/2025

Kurniartini, Kadek Ayu (2025) Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar PJOK Materi Teknik Dasar Passing Bola voli Kelas V SD No. 10 Jimbaran Tahun 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2116011060-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2116011060-ABSTRAK.pdf

Download (652kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2116011060-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (582kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2116011060-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (966kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2116011060-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (896kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2116011060-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (884kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2116011060-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2116011060-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (571kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2116011060-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh model Project Based Learning terhadap peningkatan hasil belajar PJOK materi teknik dasar passing bola voli kelas V SD No.10 Jimbaran tahun 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent group design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB SD No.10 Jimbaran sebanyak 54 siswa. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling pola A-B-B-A. Sampel dalam penelitian ini dibagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas eksperimen sebanyak 27 siswa dan kelas kontrol sebanyak 27 siswa. Data peningkatan hasil belajar PJOK dikumpulkan dengan instrumen tes pilihan ganda. Tes peningkatan hasil belajar PJOK diberikan pada saat posttest secara tertulis. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan Uji Anakova. Hasil dari uji hipotesis diperoleh Fhitung = 39,62 > Ftabel = 4,03 dengan taraf signifikansi 5%, dk pembilang =1 dan dk penyebut = 51. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar PJOK antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model Project Based Learning dengan kelompok siswa kelompok kontrol pada siswa kelas V SD No.10 Jimbaran Tahun 2024/2025. Rata-rata posttest kelompok eksperimen X1 = 71,66 > X2 = 46,66 rata-rata posttest peningkatan hasil belajar PJOK kelompok kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh model Project Based Learning terhadap peningkatan hasil belajar PJOK materi teknik dasar passing bola voli kelas V SD No.10 Jimbaran tahun 2024/2025. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai hasil kajian relevan bagi peneliti lain yang ingin mengkaji lebih dalam menganai model Project Based Learning peningkatan hasil belajar PJOK.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, hasil belajar, PJOK, bola voli
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: Kadek Ayu Kurniartini
Date Deposited: 24 Jul 2025 00:49
Last Modified: 24 Jul 2025 00:49
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25919

Actions (login required)

View Item View Item