Dewi, Ni Nyoman Sintya Sukma (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN PERMAINAN TRADISIONAL SEPIT-SEPITAN TERHADAP KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA SD KELAS IV DI GUGUS I KECAMATAN MANGGIS. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031225-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031225-ABSTRAK.pdf Download (640kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031225-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (571kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031225-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (721kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031225-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031225-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (934kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031225-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (554kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031225-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (570kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031225-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture berbantuan permainan tradisional sepit-sepitan terhadap karakter tanggung jawab siswa kelas IV SD di Gugus I Kecamatan Manggis. penelitian merupakan penelitian semu (quasi eksperimen) dengan desain non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Gugus I Kecamatan Manggis sebanyak 116 siswa. pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu siswa IV SD Negeri 3 Tenganan sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 17 orang dan siswa SD Negeri 1 Tenganan sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 13 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi karakter tanggung jawab skala dikotomi yang terdiri dari Terlihat dan Tidak Terlihat. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik Uji-t. Hasil analisis data diperoleh bahwa persenan skor rata-rata Post-test karakter tanggung jawab dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila kelompok eksperimen yaitu 55,69% berada pada kategori cukup sedangkan rata-rata karakter tanggung jawab siswa kelompok kontrol yaitu 40% berada pada kategori buruk. Hasil analisis uji-t diperoleh thitung adalah 2,90 dengan taraf signifikansi 5% didapatkan ttabel adalah 2,048. Dengan kata lain thitung = 2,90 > ttabel = 2,048 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture berbantuan permainan tradisional sepit-sepitan berpengaruh terhadap karakter tanggung jawab siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas IV SD di Gugus I Kecamatan Manggis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture, Permainan Tradisional Sepit-sepitan, Karakter Tanggung Jawab |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Nyoman Sintya Sukma Dewi |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 03:17 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 03:17 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25967 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |