PENGEMBANGAN E-LKPD lNTERAKTlF BERBASlS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENlNGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN

Laksmi, Ni Kadek Ayu Sri (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD lNTERAKTlF BERBASlS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENlNGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113011047-COVER.pdf

Download (951kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113011047-ABSTRAK.pdf

Download (249kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011047-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (322kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011047-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011047-BAB 3 METODEOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011047-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011047-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011047-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113011047-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Rendahnya pemahaman konsep pecahan siswa yang disebabkan oleh kurang maksimalnya penggunaan media pembelajaran yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD interaktif berbasis discovery learning yang valid, praktis, dan efektif guna meningkatkan pemahaman konsep pecahan pada siswa kelas IV SD. Model pengembangan yang digunakan adalah model PLOMP, yang terdiri dari tiga fase utama: investigasi awal, pengembangan, dan fase penilaian. Produk E-LKPD dikembangkan melalui bantuan platform wizer.me yang berisi gambar dan tautan interaktif. Materi yang dikembangkan meliputi menentukan bagian-bagian pecahan dan pecahan senilai. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1, 2, dan 3 Belega. Hasil validasi oleh ahli materi dan media menunjukkan bahwa E-LKPD interaktif ini memiliki rata-rata nilai validitas 4,7 untuk materi dan 4,85 untuk media, yang keduanya masuk dalam kategori sangat valid. Penilaian kepraktisan menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) menghasilkan skor sangat baik pada enam aspek yang diukur. Efektivitas produk diuji melalui perbandingan hasil pre-test dan post-test dengan nilai N-gain sebesar 0,67 yang menunjukkan kategori efektivitas sedang. Dengan demikian, E-LKPD interaktif berbasis discovery learning ini dinyatakan layak dan mampu meningkatkan pemahaman konsep pecahan secara signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Discovery learning, E-LKPD interaktif, pemahaman konsep, PLOMP
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Ni Kadek Ayu Sri Laksmi
Date Deposited: 24 Jul 2025 07:10
Last Modified: 24 Jul 2025 07:10
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25971

Actions (login required)

View Item View Item