Yasa, Gede Dyo Ardika (2025) ANALISIS PENGARUH VARIASI KEDALAMAN CLUTCH HOUSING KNURLING TERHADAP UNJUK KERJA SEPEDA MOTOR DENGAN SISTEM TRANSMISI CVT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2115071027-COVER.pdf Download (903kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2115071027-ABSTRAK.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2115071027-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (307kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2115071027-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2115071027-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (914kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2115071027-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (655kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2115071027-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2115071027-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2115071027-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variasi kedalaman knurling pada clutch housing terhadap unjuk kerja sepeda motor dengan sistem transmisi CVT (Continuously Variable Transmission). Permasalahan utama yang diangkat adalah penurunan performa kendaraan akibat usia pakai yang panjang, khususnya dalam hal torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kedalaman knurling clutch housing yang divariasikan menjadi 0 mm (standar), 0,2 mm, 0,4 mm, dan 0,6 mm. Variabel terikatnya meliputi torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar. Penelitian dilakukan pada sepeda motor Honda Vario 110 cc tahun 2010 menggunakan metode eksperimen, dengan pengujian torsi dan daya menggunakan dynotest, serta konsumsi bahan bakar menggunakan metode pengukuran volume dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi kedalaman knurling berpengaruh signifikan terhadap peningkatan torsi dan daya mesin, serta konsumsi bahan bakar yang lebih efisien. Variasi kedalaman knurling 0,6 mm memberikan hasil yang paling optimal dalam meningkatkan perfomansi kendaraan dibandingkan variasi lainnya. Temuan ini diharapkan dapat menjadi alternatif solusi praktis dalam meningkatkan kembali performa sepeda motor dengan system transmisi CVT yang telah mengalami penurunan perfomansi seiring dengan bertambahnya usia pakai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | knurling, clutch housing, torsi, daya, konsumsi bahan bakar |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1) |
Depositing User: | Gede Dyo Ardika Yasa |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 05:50 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 05:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26009 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |