Swari, Ni Kadek Ayu Inten Indra (2025) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KESETIMBANGAN KIMIA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113031017-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113031017-ABSTRAK.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113031017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (338kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113031017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (557kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113031017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (540kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113031017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113031017-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113031017-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113031017-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Riset ini bermakasud mengembangkan video pembelajaran materi faktor-faktor yang memengaruhi kesetimbangan kimia untuk peserta didik kelas XI SMA semester 2 guna membantu pemahaman konsep abstrak tentang perubahan konsentrasi, tekanan dan volume, serta suhu dalam pergeseran kesetimbangan kimia. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Tahap analisis meliputi studi kurikulum dan analisis kebutuhan media, desain disusun secara segmental, dan pengembangan mencakup pembuatan video, validasi oleh ahli isi, media, dan bahasa, serta revisi produk. Hasil validasi menunjukkan kategori sangat valid dengan skor isi 1,00; media 3,65 dan 3,21; serta bahasa 3,8 dan 4,0. Implementasi dilakukan melalui uji efektivitas dengan desain one group pretest-posttest pada 33 peserta didik di SMA Negeri 2 Singaraja, menghasilkan nilai rata-rata N-gain sebesar 0,72 dalam kategori tinggi yang mengindikasikan efektivitas video guna meningkatkan pemahaman siswa. Dengan demikian, video pembelajaran yang dihasilkan dikatakan valid dan efektif digunakan sebagai media pendukung pembelajaran kesetimbangan kimia, dan direkomendasikan untuk pengembangan lebih lanjut dengan uji kepraktisan serta peningkatan kualitas produksi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan media, video pembelajaran, kesetimbangan kimia |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Ayu Inten Indra Swari |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 06:22 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 06:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26014 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |