Mandala, Putu Ayu Nita Agustini Alit (2025) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG, DAN CAHAYA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113071036-COVER.pdf Download (732kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113071036-ABSTRAK.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113071036-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113071036-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (507kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113071036-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (726kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113071036-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (635kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113071036-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113071036-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113071036-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Proses belajar siswa dalam mata pelajaran IPA kerap dipengaruhi oleh faktor internal seperti dorongan belajar serta cara pandang ilmiah yang mereka miliki. Studi ini mengkaji tiga focus utama: 1) hubungan antara motivasi belajar dan prestasi belajar IPA, 2) Hubungan antara sikap ilmiah dan prestasi belajar IPA, dan 3) hubungan simultan motivasi belajar dan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas VIII pada materi getaran, gelombang, dan cahaya. Pendekatan kuantitatif digunakan pada studi ini dengan desain ex-post facto. Keseluruhan siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Singaraja sebanyak 380 yang menjadi populasi, sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 191 ditentukan melalui Teknik propotional random sampling dengan margin kesalahan 5%. Data diperoleh melalui instrument yaitu angket motivasi belajar, angket sikap ilmiah, dan tes pilihan ganda untuk prestasi belajar IPA siswa. Data dianalisis menggunakan regresi satu prediktor dan regresi dua prediktor berbantuan SPSS. Temuan menunjukkan adanya korelasi signifikan yang positif pada masing-masing variabel bebas terhadap prestasi belajar baik secara parsial maupun simultan dengan sumbangan efektif simultan sebesar 83,93%. Studi ini menguatkan pentingnya peran motivasi dan sikap ilmiah dalam pembelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar, sikap ilmiah, prestasi belajar IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Putu Ayu Nita Agustini Alit Mandala |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 03:16 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 03:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26041 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |