TEACHING ENGLISH IN JUNIOR HIGH SCHOOL: COMPARING STRATEGY PREFERENCES BETWEEN NOVICE AND EXPERIENCED TEACHERS IN SMPN 5 SINGARAJA

Afrida Sampurna, Marta (2025) TEACHING ENGLISH IN JUNIOR HIGH SCHOOL: COMPARING STRATEGY PREFERENCES BETWEEN NOVICE AND EXPERIENCED TEACHERS IN SMPN 5 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2112021107-COVER.pdf

Download (637kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2112021107-ABSTRAK.pdf

Download (201kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021107-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (256kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021107-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112021107-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021107-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021107-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021107-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (260kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2112021107-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan membandingkan preferensi strategi pengajaran guru Bahasa Inggris pemula dan berpengalaman di jenjang SMP, khususnya di SMPN 5 Singaraja. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tuntutan pembelajaran abad ke-21 serta perubahan pendekatan pedagogis yang dipercepat oleh pandemi Covid-19 dan implementasi Kurikulum Merdeka di Indonesia. Dengan desain deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui lembar observasi, catatan anekdot, dan wawancara mendalam dengan satu guru pemula dan satu guru berpengalaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru pemula cenderung menerapkan strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa dan interaktif seperti Pembelajaran Berbasis Proyek, Pembelajaran Kooperatif, dan Discovery Learning, dengan ketergantungan pada modul dan aktivitas terpandu. Sebaliknya, guru berpengalaman mengintegrasikan metode yang lebih terstruktur dengan menggabungkan pendekatan tradisional dan modern, serta menunjukkan kemampuan manajemen kelas yang lebih matang. Temuan ini menegaskan perlunya program pengembangan profesional untuk menjembatani kesenjangan pedagogis antara guru pemula dan berpengalaman. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan praktik pengajaran Bahasa Inggris dan perancangan program pelatihan guru, sehingga mendukung siswa dalam mengembangkan keterampilan esensial abad ke-21.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Strategi Pengajaran, Guru Pemula, Guru Berpengalaman, Pengajaran Bahasa Inggris, Pembelajaran Abad ke-21, Kurikulum Merdeka
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: MARTA AFRIDA SAMPURNA
Date Deposited: 26 Jul 2025 01:24
Last Modified: 26 Jul 2025 01:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26094

Actions (login required)

View Item View Item