ENHANCING STUDENTS VOCABULARY USING DRAMA-BASED PEDAGOGY WITH ROALD DAHL’S THE GIRAFFE, THE PELLY, AND ME FOR 9TH- GRADE STUDENTS AT SMPN 5 SINGARAJA

Agustini, Ketut Filia Budi (2025) ENHANCING STUDENTS VOCABULARY USING DRAMA-BASED PEDAGOGY WITH ROALD DAHL’S THE GIRAFFE, THE PELLY, AND ME FOR 9TH- GRADE STUDENTS AT SMPN 5 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2112021202-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2112021202-ABSTRAK.pdf

Download (163kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021202-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (224kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021202-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112021202-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021202-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021202-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021202-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2112021202-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Rendahnya penguasaan kosakata dan kurangnya kepercayaan diri siswa dalam berbicara Bahasa Inggris menjadi tantangan utama dalam pembelajaran Bahasa Inggris di tingkat SMP. Keterbatasan kosakata membuat siswa kesulitan dalam mengekspresikan ide secara lisan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan Drama-Based Pedagogy (DBP) dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa dalam konteks keterampilan berbicara. Penelitian ini dilakukan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 35 siswa kelas IX SMPN 5 Singaraja. Pembelajaran dilaksanakan berdasarkan tahapan DBP, yaitu: (1) Engage, siswa diperkenalkan pada teks cerita dan kosakata baru; (2) Activate, siswa membaca dan berlatih secara ekspresif; (3) Reflect, siswa mendiskusikan makna kosakata dalam konteks; dan (4) Apply, siswa menerapkan kosakata melalui bermain peran berdasarkan cerita. Data dikumpulkan melalui observasi, tes lisan (pre-test dan post-test), dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan skor rata-rata dari 53,2 pada pre-test menjadi 72,2 pada post-test siklus 1, dan mencapai 81,3 pada post-test siklus 2. Wawancara juga menunjukkan bahwa pendekatan ini memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan memotivasi siswa untuk lebih aktif berbicara. Temuan ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis drama tidak hanya meningkatkan penguasaan kosakata, tetapi juga membangun kepercayaan diri siswa dalam berbicara Bahasa Inggris secara efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Drama Berbasis Pedagogi, Keterampilan Berbicara, Pembelajaran Bahasa Inggris, Penguasaan Kosakata, PTK
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ketut Filia Budi Agustini
Date Deposited: 26 Jul 2025 07:46
Last Modified: 26 Jul 2025 07:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26117

Actions (login required)

View Item View Item