PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PNETLAB UNTUK MATERI ROUTING DI MIKROTIK PADA ELEMEN PEMASANGAN DAN KONFIGURASI PERANGKAT JARINGAN DI SMK NEGERI BALI MANDARA

Mahendra, I Gede (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PNETLAB UNTUK MATERI ROUTING DI MIKROTIK PADA ELEMEN PEMASANGAN DAN KONFIGURASI PERANGKAT JARINGAN DI SMK NEGERI BALI MANDARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2115051089-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2115051089-ABSTRAK.pdf

Download (625kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2115051089-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (447kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2115051089-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (783kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2115051089-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2115051089-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2115051089-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2115051089-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (539kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2115051089-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis PNETLab pada materi routing statis dan dinamis untuk kelas XI TJKT 1 di SMK Negeri Bali Mandara. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang mencakup lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Validitas media diuji oleh dua ahli isi dan dua ahli media, menghasilkan koefisien validitas sebesar 1,00, yang termasuk kategori “Sangat Valid”.Uji coba perorangan dan kelompok kecil menunjukkan tingkat efektivitas masing-masing sebesar 83,33% dan 86,7%, keduanya termasuk dalam kategori “Efektif”. Efektivitas media juga diperkuat dengan hasil perhitungan N-Gain sebesar 0,81, yang tergolong “Tinggi”. Tanggapan peserta didik terhadap media menunjukkan skor rata-rata 85,27 dan dikategorikan “Sangat Praktis”, sedangkan tanggapan guru memperoleh 43 dari total 50 poin, yang juga berada dalam kategori “Sangat Praktis”.Berdasarkan keseluruhan hasil analisis kuantitatif, media pembelajaran berbasis PNETLab dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran pada elemen pemasangan dan konfigurasi perangkat jaringan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, PNETLab, Routing, Mikrotik
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: I Gede Mahendra
Date Deposited: 27 Jul 2025 14:23
Last Modified: 27 Jul 2025 14:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26160

Actions (login required)

View Item View Item