Hanna, Artia (2025) Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan PhET Simulation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMPN 3 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113071033-COVER.pdf Download (876kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113071033-ABSTRAK.pdf Download (414kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113071033-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (423kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113071033-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (540kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113071033-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (803kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113071033-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (634kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113071033-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113071033-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (368kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113071033-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) berbantuan Simulasi Interaktif PhET terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Singaraja. Jenis penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain kelompok pretest posttest. Sampel penelitian diperoleh melalui teknik cluster random sampling, sehingga terpilih dua kelas dari 7 kelas paralel, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Alasan penggunaan teknik cluster random sampling karena peneliti merandom dari jumlah populasi yang besar, sehingga populasi dipilih berdasarkan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa instrumen kemampuan berpikir kritis dengan menerapkan indikator kemampuan berpikir kritis Ennis. Uji coba instrumen yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan independent sample t-test pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,007 (p < 0,05) pada kolom significance (2-tailed) dan baris equal variances assumed, yang berarti H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada skor N-Gain kemampuan berpikir kritis antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model PBL berbantuan Simulasi PhET dan siswa yang dibelajarkan menggunakan model PBL tanpa bantuan Simulasi PhET.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | problem based learning, simulasi PhET, berpikir kritis |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | ARTIA HANNA |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 02:24 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 02:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26229 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |