Sunggi, Dayung (2025) PROSES PRODUKSI DAN PUBLIKASI KOMIK STRIP DIGITAL KOMUNITAS MANGAKA INDONESIA (KMI) DI MEDIA SOSIAL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
1812031003-COVER.pdf Download (877kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
1812031003-ABSTRAK.pdf Download (209kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812031003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812031003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812031003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812031003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (859kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812031003-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812031003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (209kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1812031003-LAMPIRAN.pdf Download (372kB) |
Abstract
Tujuan yang difokuskan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memaparkan (1) alat dan aplikasi gambar yang dipakai anggota Komunitas Mangaka Indonesia (KMI), (2) proses berkarya komik strip digital Komunitas Mangaka Indonesia (KMI), (3) Proses publikasi komik strip digital Komunitas Mangaka Indonesia (KMI) di media sosial. Subjek dan Objek dalam penelitian ini adalah karya-karya komik strip milik anggota Komunitas Mangaka Indonesia (KMI). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan kepustakaan. Dari pembahasan serta proses penelitian maka dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) alat yang dipakai anggota Komunitas Mangka Indonesia (KMI) adalah peragkat elektronik berupa Laptop/PC, Graphic Tablet, Graphic display, Handphone, dan stylus. Aplikasi yang dipakai adalah Clip Studio Paint. (2) Proses berkarya Komunitas Mangka Indonesia (KMI) dapat dibagi menjadi empat tahapan, mulai dari tahap persiapan, inkubasi, iluminasi, dan verifikasi. (3) hasil karya komik strip anggota Komunitas Mangaka Indonesia (KMI) disimpan dalam format file PNG/JPEG yang kemudian di publikasikan lewat media sosial facebook sebagai tempat interaksi utama antar anggota komunitas serta dengan publik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komik Strip, Digital, Komunitas Mangaka Indonesia, Media Sosial |
Subjects: | L Education > L Education (General) N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Seni dan Desain > Program Studi Pendidikan Seni Rupa (S1) |
Depositing User: | Dayung Sunggi |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 01:35 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 01:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26240 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |