Pengembangan E-Modul Bermuatan Socio-Scientific Issues dengan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Peserta Didik SMP

Kusumaningsih, Ni Ketut Heri (2025) Pengembangan E-Modul Bermuatan Socio-Scientific Issues dengan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Peserta Didik SMP. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2323071015-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2323071015-ABSTRAK.pdf

Download (738kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2323071015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2323071015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2323071015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2323071015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2323071015-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (785kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2323071015-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2323071015-LAMPIRAN.pdf

Download (26MB)

Abstract

ABSTRAK Kusumaningsih, Ni Ketut Heri (2025), Pengembangan E-modul Bermuatan Socio-Scientific Issues dengan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Peserta Didik SMP. Singaraja. Tesis. Pendidikan IPA, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. Ni Made Pujani, M.Si. dan Pembimbing II: Dr. I Nyoman Tika, M.Si. Kata-kata kunci: Berpikir Kritis, E-modul IPA, Literasi Sains, Problem-Based Learning (PBL), Socio-Scientific Issues (SSI). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul IPA bermuatan Socio-Scientific Issues (SSI) dengan menggunakan model Problem-Based Learning (PBL) guna meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan literasi sains peserta didik SMP. Latar belakang dari pengembangan ini adalah rendahnya capaian dua keterampilan tersebut dalam pembelajaran IPA konvensional, serta terbatasnya bahan ajar yang bersifat kontekstual, bermakna, dan relevan dengan isu nyata dalam kehidupan sehari-hari. E-modul dirancang selaras dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan penguatan kompetensi abad ke-21, terutama kemampuan memecahkan masalah, bekerja sama, dan mengambil keputusan berdasarkan prinsip ilmiah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Plomp yang terdiri atas tiga fase utama, yaitu: (1) Preliminary Research; (2) Prototyping Phase; dan (3) Assessment Phase. Fase ketiga bertujuan untuk menguji efektivitas e-modul melalui tiga tahap: uji coba kelompok kecil (3 peserta didik dengan kemampuan tinggi, sedang, dan rendah), kelompok menengah (9 peserta didik), serta uji implementasi penuh pada kelas utuh (32 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja). Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Instrumen yang digunakan antara lain lembar validasi, angket keterbacaan dan kepraktisan, serta tes berpikir kritis dan literasi sains yang telah divalidasi oleh ahli dan diuji secara empiris, dengan reliabilitas sebesar 0,745. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan kuantitatif melalui gain score, uji Wilcoxon, dan perhitungan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan memenuhi kriteria valid (materi: 0,64; bahasa: 96,9%; media: 98,46%), praktis digunakan, dan efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan literasi sains peserta didik. Skor rata-rata keterampilan berpikir kritis meningkat dari 64,9 menjadi 89,6 (gain score 0,70; kategori tinggi), dan literasi sains dari 69,6 menjadi 87,1 (gain score 0,58; kategori sedang). Uji Wilcoxon menunjukkan perbedaan yang signifikan (p < 0,05), nilai effect size tergolong sangat besar (KBK = 0,875; LS = 0,859). Analisis per indikator keterampilan berpikir kritis menunjukkan peningkatan tertinggi pada aspek Reason dan Situation, sedangkan aspek Overview masih perlu penguatan. Indikator literasi sains yang mengalami peningkatan paling tinggi adalah Berpikir dan Bertindak Kritis, sedangkan indikator Pengetahuan Ilmiah yang Luas memperoleh rata-rata peningkatan paling rendah. Observasi menunjukkan keterlibatan aktif peserta didik dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, e-modul ini dinyatakan layak digunakan dan direkomendasikan untuk uji lebih lanjut dalam konteks yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, E-modul IPA, Literasi Sains, Problem-Based Learning, Socio-Scientific Issues
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: Ni Ketut Heri Kusumaningsih
Date Deposited: 29 Jul 2025 12:13
Last Modified: 29 Jul 2025 12:13
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26263

Actions (login required)

View Item View Item