Andreani, Ni Luh Eka (2025) THE IMPLEMENTATION OF PROJECT-BASED LEARNING FOR GRADE 2 ELEMENTARY SCHOOL AT BALI KIDDY PRIMARY SCHOOL. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2129081050-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2129081050-ABSTRAK.pdf Download (286kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129081050-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129081050-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129081050-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (451kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129081050-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129081050-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129081050-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2129081050-LAMPIRAN.pdf Download (782kB) |
Abstract
Studi ini meneliti penggunaan Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) di Sekolah Bali Kiddy di kelas bahasa Inggris kelas 2. Penelitian ini difokuskan pada jenis-jenis proyek yang dilaksanakan, prosedur yang diikuti oleh guru, dan tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan dari observasi kelas, kuesioner terbuka, dan wawancara dengan empat guru bahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para guru menerapkan proyek yang terstruktur dan terikat waktu, seperti proyek mini dan jangka pendek, dengan tujuan mendorong kolaborasi dan kreativitas siswa. Pendekatan PjBL dibagi menjadi enam langkah, yaitu: Pengenalan topik, perencanaan, penjadwalan, pelaksanaan proyek, penilaian hasil, dan evaluasi proses. Meskipun PjBL efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa, komunikasi, dan keterampilan abad 21, beberapa tantangan muncul. Tantangan-tantangan ini termasuk waktu yang terbatas, kemampuan siswa yang bervariasi, dan kesulitan dalam manajemen kelas. Para guru menangani isu-isu ini melalui bimbingan, instruksi yang jelas, dan pemantauan yang konstan. Tanggapan guru difokuskan kepada memberikan tujuan yang tepat, memberikan instruksi, serta mengawasi perkembangan setiap siswa. Studi ini memperlihatkan bagaimana PjBL diterapkan dalam pengaturan kelas yang sebenarnya sekaligus menggambarkan tantangan praktis yang dihadapi guru dalam menerapkan PjBL dengan siswa usia dini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berbasis Proyek, Mengajar Bahasa Inggris kepada Anak Usia Dini, Keterlibatan Siswa, Strategi Pengajaran, Keterampilan Abad 21 |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) |
Depositing User: | NI LUH EKA ANDREANI |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 00:50 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 00:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26344 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |