DEVELOPING INFOGRAPHICS OF THE CAKEAPP-BASED TEACHING SPEAKING IDEAS FOR 12th GRADE TOURISM VOCATIONAL HIGH SCHOOL ENGLISH TEACHER AT SMK PARIWISATA TRIATMA JAYA SINGARAJA

Damayanti, Made Regina Miranda (2025) DEVELOPING INFOGRAPHICS OF THE CAKEAPP-BASED TEACHING SPEAKING IDEAS FOR 12th GRADE TOURISM VOCATIONAL HIGH SCHOOL ENGLISH TEACHER AT SMK PARIWISATA TRIATMA JAYA SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2012021040-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2012021040-ABSTRAK.pdf

Download (156kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021040-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (400kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021040-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021040-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (910kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021040-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021040-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021040-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2012021040-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Metode ceramah konvensional kurang cukup memadai dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris, khususnya pada sekolah menengah kejuruan, semakin terlihat nyata, dimana mengintegrasikan perangkat-perangkat inovatif, seperti CakeApp, sangat penting, untuk hasil yang lebih efektif. Namun, kurangnya pengetahuan dan juga panduan dalam memanfaatkan aplikasi tersebut ditekankan oleh seorang guru bahasa Inggris kelas 12 di SMK Pariwisata Triatma Jaya Singaraja. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan infografis, dan menilai kualitasnya, untuk memberikan dukungan lebih untuk membantu guru tersebut dalam mengintegrasikan aplikasi tersebut secara efektif untuk mengajar kemampuan berbicara. Penelitian ini mengikuti pendekatan Desain dan Pengembangan dari Richey dan Klein (2007) melalui empat tahapan yang berbeda, yaitu: analisis, desain, pengemobangan, dan evaluasi. Data dikumpulkan dan disajikan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif, dengan sebuah panduan wawancara, analisis dokumen, rancangan awal infografis, penilaian ahli dan ulasan pengguna. Penelitian ini dilakukan dengan empat tahapan utama untuk mengembangkan infografis antara lain 1) analisis kebutuhan; 2) identifikasi konten; 3) pengembangan infografis; dan 4) evaluasi infografis. Penilaian para ahli menunjukkan bahwa infografis tersebut sangat baik, dengan rata-rata persentase 90% dan skala rata-rata 72 dari 80 berdasarkan evaluasi konten dan 92,5% dengan skala rata-rata 37 dari 40 berdasarkan evaluasi media. Lebih jauh, guru yang terlibat sebagai subjek penelitian juga menyatakan ulasan positif mengenai konten, desain, dan kepraktisan infografis. Terlebih lagi, penelitian ini mengindikasikan bahwa guru dapat mengintegrasikan infografis tersebut untuk memandu persiapan pelajaran berbicara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: CakeApp, Infografis, Kemampuan Berbicara,Mengajar Berbicara, Sekolah Menengah Kejuruan.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Made Regina Miranda Damayanti
Date Deposited: 04 Aug 2025 01:23
Last Modified: 04 Aug 2025 01:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26392

Actions (login required)

View Item View Item