Suta, I Gede Ardhiarta (2025) PENGARUH PENGGUNAAN CHATGPT DALAM MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113011069-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113011069-ABSTRAK.pdf Download (256kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011069-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (318kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011069-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (527kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011069-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (668kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011069-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (388kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011069-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011069-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113011069-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Tingkat pemahaman konsep matematika yang tergolong rendah di kalangan siswa Indonesia menjadi tantangan serius dalam dunia pendidikan. Untuk menjawab perihal ini, pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan berbasis model bahasa seperti ChatGPT menjadi opsi potensial dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa, sebab teknologi ini mampu memberikan penjelasan yang interaktif, responsif, dan memberikan penyesuaian pembelajaran sesuai kemampuan setiap siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan ChatGPT dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Metodologi penelitian ini mengacu pada desain eksperimen semu dengan desain post-test only control group. Populasi penelitian ini terdiri dari siswa kelas X di SMA Negeri 2 Mengwi pada tahun ajaran 2024-2025. Dua kelas dipilih sebagai sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling, yaitu kelas XE sebagai kelompok eksperimen dan kelas XA sebagai kelompok kontrol. Kedua kelompok menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing di mana guru berperan sebagai fasilitator. Kedua kelompok menggunakan buku teks dalam proses pembelajaran, namun hanya kelompok eksperimen yang menggunakan ChatGPT sebagai alat bantu belajar, sedangkan kelompok kontrol tidak menggunakan bantuan ChatGPT. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian yang disusun berdasarkan indikator pemahaman konsep. Berdasarkan hasil uji-t independen, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,004 yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan secara statistik antara kedua kelompok. Rata-rata skor kelompok eksperimen sebesar 26,26 lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata skor kelompok kontrol sebesar 23,97. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan ChatGPT dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan ChatGPT dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ChatGPT, model pembelajaran inkuiri terbimbing, pemahaman konsep matematika. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | I Gede Ardhiarta Suta |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 07:23 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 07:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26453 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |