Prabawa, Dewa Gede Agus Putra (2025) EFEK VIDEO SEGMENTASI DAN LKM BERBASIS PROYEK TERHADAP STUDENT ENGAGEMENT DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN SD BERBASIS ICT. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2239051011-COVER.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2239051011-ABSTRAK.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2239051011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2239051011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2239051011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2239051011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2239051011-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2239051011-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2239051011-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh video segmentasi dan lembar kerja mahasiswa (LKM) berbasis proyek terhadap student engagement dan keterampilan berpikir kreatif. Penelitian kuantitatif ini dilaksanakan pada mahasiswa program studi Pendidikan Guru sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha semester genap tahun akademik 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Jumlah populasi penelitian adalah lima kelas (129 orang) dan jumlah sampel yang digunakan adalah empat kelas (kelas A: 26 orang, kelas B: 25 orang, kelas C: 26 orang, dan kelas D: 27 orang). Keempat kelas dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner untuk mengukur student engagement dan tes untuk mengukur keterampilan berpikir kreatif. Variabel dalam penelitian yaitu: student engagement awal dan berpikir kreatif awal sebagai kovariabel, tipe video dan model LKM sebagai variabel independen, serta student engagement dan berpikir kreatif sebagai variabel dependen. Data hasil penelitian selanjutnya dianalisis menggunakan uji Mancova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan mengontrol student engagement awal dan keterampilan berpikir kreatif awal secara bersama-sama ternyata video segmentasi dan LKM berbasis proyek memberikan pengaruh terhadap student engagement dan berpikir kreatif. Kemudian, interaksi antara tipe video dan model LKM ternyata berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif namun tidak berpengaruh terhadap student engagement. Secara parsial video segmentasi lebih baik daripada video non segmentasi terhadap student engagement dan berpikir kreatif. Begitu pula LKM berbasis proyek lebih baik daripada LKM berbasis direct instruction terhadap student engagement dan berpikir kreatif. Mengacu pada temuan penelitian, direkomendasikan untuk menerapkan video segmentasi dan LKM proyek dengan memperhatikan kapasitas kognitif mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | segmentasi, proyek, student engagement, berpikir kreatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Dewa Gede Agus Putra Prabawa |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 06:51 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 06:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26494 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |