Pramesti, Kintan Ayu (2025) TEACHING STRATEGIES EMPLOYED BY NOVICE AND EXPERIENCED ENGLISH TEACHERS IN SMP NEGERI 1 SERIRIT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2112021104-COVER.pdf Download (453kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2112021104-ABSTRAK.pdf Download (34kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021104-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (113kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021104-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2112021104-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021104-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (608kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021104-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021104-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2112021104-LAMPIRAN.pdf Download (15MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan preferensi strategi pengajaran yang digunakan oleh guru Bahasa Inggris pemula dan berpengalaman di SMP Negeri 1 Seririt. Fokus utama penelitian ini mengacu pada strategi pembelajaran yang sejalan dengan prinsip Kurikulum Merdeka, yaitu pembelajaran berpusat pada siswa, penguatan karakter, dan pengembangan keterampilan abad ke-21. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui tiga instrumen utama: teaching strategy checklist, observasi kelas, dan wawancara mendalam. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari satu guru pemula yang mengajar di kelas 7 dan satu guru berpengalaman yang mengajar di kelas 9, sehingga memungkinkan peneliti untuk mengamati preferensi strategi mengajar pada dua tingkat kelas yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru pemula cenderung memilih strategi pembelajaran yang langsung, terstruktur, dan repetitif, seperti Grammar Translation Method, learning strategy training, dan cooperative learning. Guru juga menyesuaikan strategi dengan kondisi kelas dan keterbatasan fasilitas, serta mengedepankan suasana pembelajaran yang nyaman melalui strategi afektif sosial. Sebaliknya, guru berpengalaman menunjukkan preferensi yang lebih variatif dan reflektif, seperti discovery learning, project-based learning, dan active learning yang dipadukan dengan integrasi literasi dan nilai karakter. Keduanya menunjukkan konsistensi dalam menerapkan strategi yang sesuai dengan konteks kelas, walau dengan pendekatan yang berbeda. Temuan ini mengindikasikan bahwa pengalaman mengajar berperan penting dalam membentuk pilihan strategi yang digunakan di dua tingkat kelas yang berbeda, dan menunjukkan pentingnya fleksibilitas pedagogis dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Mengajar, Guru Pemula, Guru Berpengalaman, Kurikulum Merdeka, EFL |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | KINTAN AYU PRAMESTI |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 01:14 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 01:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26509 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |