PENGEMBANGAN BAHAN AJAR STEAM BERBASIS KEARIFAN LOKAL BALI UNTUK MENSTIMULASI KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN SAINS PADA ANAK USIA DINI GUGUS 1 KECAMATAN GIANYAR

Mulyartini, Ni Wayan (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR STEAM BERBASIS KEARIFAN LOKAL BALI UNTUK MENSTIMULASI KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN SAINS PADA ANAK USIA DINI GUGUS 1 KECAMATAN GIANYAR. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2329171006-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329171006-ABSTRAK.pdf

Download (695kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329171006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329171006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329171006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329171006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329171006-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329171006-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329171006-LAMPIRAN.pdf

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK. Mulyartini, Ni Wayan 2025. Pengembangan bahan ajar steam berbasis kearifan lokal bali untuk menstimulasi kreativitas dan kemampuan sains pada anak usia dini gugus 1 kecamatan gianyar. Tesis, Pendidikan Anak Usia Dini, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Prof. Dr I Wayan Widiana, S.Pd.,M.Pd Pembimbing II : Dr. Putu Aditya Antara, S.Pd., M.Pd. Rendahnya kreativitas dan kemampuan sains anak usia dini mendorong perlunya kebutuhan bahan ajar yang relevan bagi perkembangan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar STEAM berbasis kearifan lokal Bali untuk menstimulasi kreativitas dan kemampuan sains anak usia dini. Metode yang digunakan adalah research and development dengan model ADDIE, melalui lima tahapan: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian terdiri dari guru PAUD dan anak usia 4–5 tahun di TK Gugus I Gianyar. Validitas bahan ajar diuji oleh para ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa Kepraktisan dinilai oleh guru, sedangkan efektivitas diuji melalui desain eksperimen semu. Hasil uji validitas dan uji kepraktisan menyatakan bahwa produk bahan ajar yang dikembangkan telah sangat valid dan sangat praktis untuk pembelajaran anak usia dini. Hasil analisis MANOVA menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dalam peningkatan kreativitas dan kemampuan sains anak antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.Integrasi pendekatan STEAM dan kearifan lokal Bali memberikan pengalaman belajar yang kontekstual, bermakna, dan menyeluruh bagi anak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar ini layak, praktis dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran inovatif dalam mengembangkan kreativitas dan kemampuan sains anak usia dini TK Gugus I Kecamatan Gianyar. Produk bahan ajar dikembangkan dan diuji coba hanya di Gugus 1 Kecamatan Gianyar, sehingga hasilnya belum tentu generalisable atau dapat diterapkan secara efektif di luar wilayah ini. Kata Kunci : STEAM, kearifan lokal Bali, kreativitas, kemampuan sains, anak usia dini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: STEAM, kearifan lokal Bali, kreativitas, kemampuan sains, anak usia dini, Balinese local wisdom, creativity, scientific ability, early childhood education.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Ni Wayan Mulyartini
Date Deposited: 07 Aug 2025 02:07
Last Modified: 07 Aug 2025 02:07
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26553

Actions (login required)

View Item View Item