Xinyue, Zhang (2025) THE IMPACT OF STARBUCKS’ CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY STRATEGY ON BRAND LOYALTY IN CHINA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (2429131014-COVER)
2429131014-Cover.pdf Download (688kB) |
![]() |
Text (2429131014-ABSTRAK)
2429131014-Abstrak.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text (2429131014-BAB 1 PENDAHULUAN)
2429131014-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (179kB) |
![]() |
Text (2429131014-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2429131014-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (2429131014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2429131014-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2429131014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2429131014-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (2429131014-BAB 5 PENUTUP)
2429131014-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (450kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2429131014-DAFTAR PUSTAKA)
2429131014-Daftar Pustaka.pdf Download (600kB) |
![]() |
Text (2429131014-LAMPIRAN)
2429131014-Lampiran.pdf Download (590kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak strategi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) Starbucks terhadap loyalitas merek dan daya saing di pasar Tiongkok. Studi ini mengkaji pengaruh empat dimensi inti CSR empiris: pengadaan etis, keterlibatan komunitas, inisiatif lingkungan, dan kesejahteraan karyawan terhadap persepsi konsumen dan niat berperilaku, melalui pendekatan metode kuantitatif. Fokus pada dewasa muda sebagai demografi yang sadar sosial dan lingkungan mewakili basis konsumen dewasa muda di perkotaan Tiongkok; kuesioner terstruktur Penelitian ini dilakukan untuk mengumpulkan data dari sampel 265 partisipan. Hasil statistik deskriptif dan analisis korelasional menunjukkan hubungan positif dan signifikan antara praktik CSR dan loyalitas merek, dengan keterlibatan masyarakat dan inisiatif lingkungan masing-masing menjadi prediktor paling signifikan. Lebih lanjut, pelanggan menyatakan bahwa CSR (92,1% pelanggan) merupakan dimensi kunci Laporan Kinerja Keberlanjutan (Sustainability Performance Report/SPR) yang pada akhirnya secara dramatis membentuk loyalitas konsumen. Selanjutnya, hasil studi ini diinterpretasikan dengan mengintegrasikan teori pemangku kepentingan, teori sosial, pandangan berbasis sumber daya, dan kerangka kerja Triple Bottom Line. Penelitian ini menemukan bahwa CSR meningkatkan persepsi merek dan menjadi salah satu cara terpenting yang membantu membedakan merek, serta keterikatan emosional konsumen dalam jangka panjang. Namun, penelitian ini mengidentifikasi tantangan yang ditemukan dalam skeptisisme konsumen, kekhawatiran terhadap greenwashing, dan perlunya kontekstualisasi CSR. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan transparansi, pelokalan upaya CSR, dan peningkatan mekanisme keterlibatan dengan para pemangku kepentingan. Terakhir, penelitian ini menawarkan beberapa implikasi yang bermanfaat bagi perusahaan multinasional yang berharap mendapatkan keunggulan kompetitif dengan membangun merek perusahaan mereka di negara berkembang atas dasar etika. Studi ini memberikan saran praktis tentang cara menyesuaikan CSR dengan harapan Konsumen Tiongkok dan lingkungan regulasi yang relevan dalam pasar yang dinamis dan sadar nilai.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengadaan Etis, Keterlibatan Komunitas, Inisiatif Lingkungan, Kesejahteraan Karyawan, Loyalitas Merek |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Manajemen (S2) |
Depositing User: | Zhang Xinyue |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 07:26 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 07:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26575 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |