PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL BERBASIS EKSPERIMEN DALAM MENSTIMULASI KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK TAMAN KANAK-KANAK DI LOMBOK BARAT

Fatwini, Fatwini (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL BERBASIS EKSPERIMEN DALAM MENSTIMULASI KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK TAMAN KANAK-KANAK DI LOMBOK BARAT. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2329171005-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329171005-ABSTRAK.pdf

Download (690kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329171005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329171005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329171005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PENELITIAN)
2329171005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329171005-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329171005-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329171005-LAMPIRAN.pdf

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK Fatwini (2025), Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Eksperimen Dalam Menstimulasi Keterampilan Proses Sains Anak Taman Kanak Kanak Di Lombok Barat. Tesis, Pendidikan Anak Usia Dini, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Dr. I Gede Astawan, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II: Dr. Gede Wira Bayu, S.Pd., M.Pd. Kata-kata kunci: media pembelajaran, komik digital, eksperimen, keterampilan proses sains, PAUD. Pembelajaran sains di pendidikan anak usia dini seharusnya mampu menstimulasi keterampilan proses sains sebagai fondasi berpikir ilmiah sejak dini. Namun, kenyataannya keterampilan tersebut masih rendah akibat terbatasnya media pembelajaran interaktif, kurangnya pendekatan berbasis eksperimen, serta minimnya integrasi teknologi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran komik digital berbasis eksperimen yang valid, praktis dan efektif dalam menstimulasi keterampilan proses sains anak usia 5–6 tahun di PAUD 3 Serangkai, Lombok Barat. Metode penelitan ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang mencakup tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data meliputi validasi ahli, uji coba kelompok kecil pada 12 orang siswa, uji coba lapangan pada 24 orang siswa, serta pretest dan posttest. Hasil validasi menunjukkan bahwa produk sangat valid, dengan skor 95,14% untuk aspek materi dan 95,24% untuk aspek desain media. Uji kepraktisan oleh dua orang guru menunjukkan skor 83,33%, yang berarti media sangat praktis digunakan. Analisis Paired Sample t-Test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara keterampilan proses sains anak sebelum dan sesudah penggunaan media. Peningkatan terjadi pada setiap aspek keterampilan proses sains siswa: mengamati, mengklasifikasi, memprediksi, mengukur, dan mengkomunikasikan. Dengan demikian, media komik digital berbasis eksperimen ini dinyatakan valid, praktis, dan efektif sebagai sumber belajar inovatif untuk menstimulasi keterampilan proses sains anak usia dini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, komik digital, eksperimen, keterampilan proses sains, PAUD, learning media, digital comics, experiment, science process skills, early childhood education.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: FATWINI
Date Deposited: 08 Aug 2025 03:17
Last Modified: 08 Aug 2025 03:17
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26651

Actions (login required)

View Item View Item