PENGEMBANGAN ROBOT BERBASIS IOT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALGORITMA PEMROGRAMAN BERBASIS BLOK PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA TINGKAT SMP KELAS VIII

Merta, Putu (2025) PENGEMBANGAN ROBOT BERBASIS IOT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALGORITMA PEMROGRAMAN BERBASIS BLOK PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA TINGKAT SMP KELAS VIII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2115051081-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2115051081-ABSTRAK.pdf

Download (277kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2115051081-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (377kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2115051081_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (831kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2115051081_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2115051081_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2115051081_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2115051081_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (291kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2115051081_LAMPIRAN.pdf

Download (13MB)

Abstract

Dalam pembelajaran Informatika, khususnya elemen Algoritma dan Pemrograman, keterbatasan media dan sumber belajar menyebabkan beberapa materi tidak dapat tersampaikan secara optimal. Hal ini berdampak pada rendahnya pemahaman, motivasi, dan minat belajar peserta didik. Oleh karena itu perlu adanya solusi untuk membantu peserta didik dalam belajar materi algoritma dan pemrograman. Penelitian ini bertujuan mengembangkan produk media pembelajaran Robot Berbasis IoT serta mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap media tersebut. Jenis penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas VIII C di SMP Negeri 5 Singaraja. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan angket. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Robot Berbasis IoT dinyatakan valid, efektif dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan hasil perolehan: (1) rata-rata koefisien uji ahli isi dan media pembelajaran sebesar 1.00 yang masuk tingkat validitas “Sangat Valid”. (2) Hasil uji efektifitas dengan perhitungan N-Gain sebesar 0,76 dengan interpretasi “Efektif”. Selain itu (3) hasil perhitungan uji respon peserta didik dan guru memperoleh rata-rata sebesar 44,3 dan 47 yang termasuk dalam kategori “Sangat Positif”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Robot, Algoritma dan Pemrograman, Blok Code
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LT Textbooks
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: PUTU MERTA
Date Deposited: 08 Aug 2025 08:04
Last Modified: 08 Aug 2025 08:04
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26660

Actions (login required)

View Item View Item