PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF MATERI KULINER KOREA DAN PHILIPINA PADA MATA KULIAH KULINER ASIA

Septisia, Kadek Indah Sevy (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF MATERI KULINER KOREA DAN PHILIPINA PADA MATA KULIAH KULINER ASIA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2115081003-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2115081003-ABSTRAK.pdf

Download (253kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2115081003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (327kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2115081003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2115081003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2115081003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2115081003-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2115081003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2115081003-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menjelaskan tahapan pengembangan media pembelajaran PowerPoint interaktif berbasis Canva dalam mata kuliah Kuliner Asia, khususnya pada materi hidangan Korea dan Filipina di Program Studi Pendidikan Vokasional Seni Kuliner dengan model 4D; (2) mengetahui kelayakan media berdasarkan validasi ahli materi, media, dan desain pembelajaran; serta (3) mengetahui tanggapan mahasiswa terhadap media yang dikembangkan. Penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan metode deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan melalui angket kepada para ahli dan mahasiswa, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan mengikuti tahapan model 4D secara sistematis, yaitu: tahap Define untuk menganalisis kebutuhan pembelajaran; tahap Design untuk menyusun materi, menentukan tema, serta membuat slide dan narasi; tahap Develop untuk mengembangkan media dan melakukan validasi oleh para ahli; dan tahap Disseminate untuk menyebarluaskan media secara terbatas serta mengukur respons mahasiswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa media termasuk dalam kategori sangat layak dengan skor: ahli materi 92,5%, ahli media 93,5%, dan ahli desain 97,14%. Respons mahasiswa terhadap media tersebut tergolong sangat positif yakni 88,98%. Dengan demikian, media PowerPoint interaktif ini sangat posistif sebagai alternatif yang menarik dalam mata kuliah Kuliner Asia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, PowerPoint Interaktif, Canva, Kuliner Asia, Media Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Vokasional Seni Kuliner (S1)
Depositing User: Kadek Indah Sevy Septisia
Date Deposited: 09 Aug 2025 06:43
Last Modified: 09 Aug 2025 06:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26695

Actions (login required)

View Item View Item