Wahyunandini, Komang Anik (2025) Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Subak Pada Materi Ekosistem Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2323071009-COVER.pdf Download (539kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2323071009-ABSTRAK.pdf Download (292kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2323071009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (333kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2323071009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (626kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2323071009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (701kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2323071009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (546kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2323071009-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2323071009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2323071009-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pretests-posttest nonequivalent control group design yang bertujuan menjelaskan dan mendeskripsikan: (1) pengaruh model PBL berbasis kearifan lokal subak terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik secara simultan dalam pembelajaran Biologi pada topik ekosistem, (2) pengaruh model PBL berbasis kearifan lokal subak terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran Biologi pada topik ekosistem, (3) pengaruh model PBL berbasis kearifan lokal subak terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Biologi pada topik ekosistem. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling dengan populasi penelitan sejumlah 483 peserta didik dan jumlah sampel sebanyak 160 peserta didik terdiri atas kelas X1, X2, X3, dan X4 di SMA Negeri 1 Tabanan. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kritis dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan Multivariate Analysis of Covariance (MANCOVA). Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan taraf signifikansi 5%, uji hipotesis dilakukan setelah uji asumsi. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, penerapan model PBL berbasis kearifan lokal subak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem. Melalui penerapan model PBL berbasis kearifan lokal subak dalam pembelajaran biologi diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik serta melestarikan kearifan lokal subak bersama masyarakat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kearifan lokal subak, problem based learning, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | Komang Anik Wahyunandini |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 02:15 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 02:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26746 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |