Pengembangan E-Modul Interaktif Bermuatan Masalah Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Lingkaran Kelas VIII

Kesawa, I Putu Nararya (2025) Pengembangan E-Modul Interaktif Bermuatan Masalah Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Lingkaran Kelas VIII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113011055-COVER.pdf

Download (595kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113011055-ABSTRAK.pdf

Download (154kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011055-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (247kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011055-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011055-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011055-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011055-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011055-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113011055-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif bermuatan masalah kontekstual pada materi lingkaran guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE, yang dalam penelitian ini dibatasi pada tahap analisis, desain, pengembangan, dan implementasi. E-modul interaktif yang dikembangkan dirancang untuk memfasilitasi pembelajaran baik di kelas maupun secara mandiri, dengan fokus pada pencapaian indikator kemampuan pemecahan masalah. Subjek penelitian terdiri dari 25 siswa kelas VIII F SMP Dwijendra Denpasar. Validasi dilakukan oleh dua ahli materi dan dua ahli media, dengan hasil rata-rata skor validitas materi sebesar 4,85 (97%) dan media sebesar 4,83 (96%), yang menunjukkan tingkat validitas sangat tinggi. Uji kepraktisan diperoleh dari respon guru dengan skor 5 (100%) dan respon siswa sebesar 4,76 (95%) sehingga dikategorikan sangat praktis. Sementara itu, uji keefektifan menggunakan metode n-gain menunjukkan nilai rata-rata 0,75 yang mengindikasikan tingkat keefektifan tinggi. Karakteristik e-modul interaktif yang dikembangkan mencakup (1) interaktif, memungkinkan komunikasi dua arah antara siswa dan media, (2) bermuatan masalah kontekstual, (3) dapat diakses melalui berbagai platform dengan tingkat aksesibilitas tinggi, dan (4) menyajikan visualisasi menarik serta mudah dipahami. Berdasarkan hasil penelitian, e-modul interaktif dinyatakan sesuai dan dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran guna mendukung peningkatan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematis. Kata-kata kunci: E-Modul Interaktif, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Lingkaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-Modul Interaktif, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Lingkaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: I PUTU NARARYA KESAWA
Date Deposited: 12 Aug 2025 08:34
Last Modified: 12 Aug 2025 08:34
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26868

Actions (login required)

View Item View Item