PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING TERINTEGRASI STEM EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI JENIS KELAMIN

Suhliyatin, Nurus (2025) PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING TERINTEGRASI STEM EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI JENIS KELAMIN. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329021010-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329021010-ABSTRAK.pdf

Download (659kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329021010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329021010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329021010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329021010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329021010-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329021010-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329021010-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Suhliyatin, Nurus (2025), Pengaruh Model Quantum Learning Terintegrasi STEM Education terhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Jenis Kelamin. Tesis, Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini telah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd. dan Pembimbing II: Dr. Ir. I Gede Ratnaya, S.T., M.Pd., MCE. Kata-kata kunci: Quantum Learning, STEM Education, penalaran matematis, pemahaman konsep matematis, jenis kelamin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Quantum Learning terintegrasi STEM Education terhadap kemampuan penalaran dan pemahaman konsep matematis ditinjau dari jenis kelamin. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain Randomized Block Design, dengan sampel 50 peserta didik kelas VII MTs. Salafiyah Syafiiyah dan MTs SA Nurul Qona’ah yang dipilih secara simple random sampling. Instrumen berupa tes penalaran dan pemahaman konsep matematis yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan MANOVA dan uji lanjut LSD. (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara peserta didik yang belajar dengan model Quantum Learning terintegrasi STEM Education dan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan penalaran dan pemahaman konsep matematis; (2) terdapat perbedaan berdasarkan jenis kelamin, di mana peserta didik laki-laki unggul dalam penalaran matematis dan peserta didik perempuan unggul dalam pemahaman konsep matematis; (3) peserta didik laki-laki yang belajar dengan model Quantum Learning terintegrasi STEM Education memiliki hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan model konvensional; (4) peserta didik perempuan juga menunjukkan hasil yang lebih baik saat menggunakan model Quantum Learning terintegrasi STEM Education dibandingkan model konvensional; (5) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara peserta didik laki-laki dan perempuan yang menggunakan model Quantum Learning terintegrasi STEM Education; dan (6) terdapat perbedaan signifikan antara peserta didik laki-laki dan perempuan dalam kelompok yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model Quantum Learning terintegrasi STEM Education terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan penalaran dan pemahaman konsep matematis peserta didik, serta mampu mengakomodasi perbedaan karakteristik berdasarkan jenis kelamin.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Quantum Learning, STEM Education, penalaran matematis, pemahaman konsep matematis, jenis kelamin
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2)
Depositing User: Nurus Suhliyatin
Date Deposited: 12 Aug 2025 08:09
Last Modified: 12 Aug 2025 08:09
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26869

Actions (login required)

View Item View Item