Fiqhia, Iqlima Nur (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI PENGEMASAN DAN PENYIMPANAN PAKAIAN MATA PELAJARAN HOUSEKEEPING DAN LAUNDRY DI SMK NEGERI 1 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
1815051020-COVER.pdf Download (514kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
1815051020-ABSTRAK.pdf Download (137kB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1815051020-BAB I.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1815051020-BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (354kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1815051020-BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815051020-BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V PENUTUP)
1815051020-BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815051020-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1815051020-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan dan mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Project Based Learning pada pembelajaran Laundry dan Housekeeping, khususnya materi Pengemasan dan Penyimpanan Pakaian di Laundry Hotel untuk kelas XI di SMK Negeri 1 Singaraja. R&D (Research & Development) digunakan, dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Studi ini akan dilakukan pada kelas XI SMK Negeri 1 Singaraja, yang memiliki satu kelas dengan sekitar 35 siswa dan seorang guru yang mengajar Laundry dan Housekeeping. Angket uji coba individu, kelompok kecil, lapangan, dan angket uji coba respons guru dan siswa akan digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa ahli isi, desain, dan media pembelajaran masing-masing menerima skor rata-rata sebesar 1,00, yang berarti bahwa mereka termasuk dalam kategori validitas sangat tinggi. Hasil uji efektivitas yang melibatkan pretest dan posttest menunjukkan hasil perhitungan N-Gain sebesar 0,73, yang menunjukkan bahwa itu termasuk dalam interprestasi tinggi. Hasil perhitungan respons siswa dan guru rata-rata 75,77 dan 45, masing-masing menunjukkan bahwa mereka termasuk dalam kriteria sangat praktis. Sehingga, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Project Based Learning pada mata pelajaran Laundry dan Housekeeping menunjukkan kriteria kualitas produk yaitu sangat valid, sangat praktis dan efektif. Kata kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Project Based Learning, Laundry dan Housekeeping
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif, Project Based Learning, Laundry dan Housekeeping |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Iqlima Nur Fiqhia |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 06:01 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 06:01 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26873 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |