PENGARUH MODEL PROBLEM BASED FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 BEBANDEM

Wisnawa, I Gede Yatha (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 BEBANDEM. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2129071013-COVER)
2129071013-Cover.pdf

Download (503kB)
[img] Text (2129071013-ABSTRAK)
2129071013-Abstrak.pdf

Download (199kB)
[img] Text (2129071013-BAB 1 PENDAHULUAN)
2129071013-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (261kB)
[img] Text (2129071013-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129071013-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text (2129071013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129071013-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text (2129071013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129071013-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text (2129071013-BAB 5 PENUTUP)
2129071013-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (2129071013-DAFTAR PUSTAKA)
2129071013-Daftar Pustaka.pdf

Download (218kB)
[img] Text (2129071013-LAMPIRAN)
2129071013-Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan prestasi belajar IPA secara bersama-sama antara siswa yang belajar dengan model problem based flipped classroom dan direct instruction, (2) perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara siswa yang belajar dengan model problem based flipped classroom dan direct instruction, dan (3) perbedaan prestasi belajar IPA antara siswa yang belajar dengan model problem based flipped classroom dan direct instruction. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas VIII di SMP Negeri 4 Bebandem pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024, yang terbagi ke dalam 4 kelas dengan total populasi sebanyak 129 orang. Penentuan sampel penelitian menggunakan random sampling, kemudian diperoleh kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan tes kemampuan berpikir kreatif dan prestasi belajar IPA. Data dianalisis dengan MANCOVA satu jalur berbantuan program IBM SPSS 24.0 for Windows pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan prestasi belajar IPA secara bersama-sama antara siswa yang belajar dengan model problem based flipped classroom dan direct instruction, (2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara siswa yang belajar dengan model problem based flipped classroom dan direct instruction, dan (3) terdapat perbedaan prestasi belajar IPA antara siswa yang belajar dengan model problem based flipped classroom dan direct instruction.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif, Model Problem Based Flipped Classroom, Prestasi Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2)
Depositing User: I Gede Yatha Wisnawa
Date Deposited: 12 Aug 2025 10:42
Last Modified: 12 Aug 2025 10:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26898

Actions (login required)

View Item View Item