Wisnawa, I Gede Yatha (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 BEBANDEM. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (2129071013-COVER)
2129071013-Cover.pdf Download (503kB) |
![]() |
Text (2129071013-ABSTRAK)
2129071013-Abstrak.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text (2129071013-BAB 1 PENDAHULUAN)
2129071013-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text (2129071013-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129071013-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2129071013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129071013-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (500kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2129071013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129071013-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (475kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2129071013-BAB 5 PENUTUP)
2129071013-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2129071013-DAFTAR PUSTAKA)
2129071013-Daftar Pustaka.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text (2129071013-LAMPIRAN)
2129071013-Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan prestasi belajar IPA secara bersama-sama antara siswa yang belajar dengan model problem based flipped classroom dan direct instruction, (2) perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara siswa yang belajar dengan model problem based flipped classroom dan direct instruction, dan (3) perbedaan prestasi belajar IPA antara siswa yang belajar dengan model problem based flipped classroom dan direct instruction. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas VIII di SMP Negeri 4 Bebandem pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024, yang terbagi ke dalam 4 kelas dengan total populasi sebanyak 129 orang. Penentuan sampel penelitian menggunakan random sampling, kemudian diperoleh kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan tes kemampuan berpikir kreatif dan prestasi belajar IPA. Data dianalisis dengan MANCOVA satu jalur berbantuan program IBM SPSS 24.0 for Windows pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan prestasi belajar IPA secara bersama-sama antara siswa yang belajar dengan model problem based flipped classroom dan direct instruction, (2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara siswa yang belajar dengan model problem based flipped classroom dan direct instruction, dan (3) terdapat perbedaan prestasi belajar IPA antara siswa yang belajar dengan model problem based flipped classroom dan direct instruction.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Kreatif, Model Problem Based Flipped Classroom, Prestasi Belajar IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2) |
Depositing User: | I Gede Yatha Wisnawa |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 10:42 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 10:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26898 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |