THE EFFECT OF SUBTITLED VIDEOS COMBINED WITH THE FLIPPED CLASSROOM METHOD ON STUDENTS’ READING COMPREHENSION

Yani, Ni Kadek Refi Marsita (2025) THE EFFECT OF SUBTITLED VIDEOS COMBINED WITH THE FLIPPED CLASSROOM METHOD ON STUDENTS’ READING COMPREHENSION. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2112021073-COVER.pdf

Download (637kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2112021073-ABSTRAK.pdf

Download (221kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021073-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021073-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112021073-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021073-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (651kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021073-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021073-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2112021073-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah menggunakan model kelas terbalik bersama dengan film subtitle yang tidak menyertakan audio tambahan membantu siswa memahami apa yang mereka baca dengan lebih baik. Menggunakan desain kuasi-eksperimental dengan tes pra dan pasca, penelitian ini menggunakan sampel dari dua kelas sebelas. Akan ada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen siswa. Kelompok eksperimen menonton film subtitle menggunakan pendekatan kelas terbalik di setiap delapan sesi, sedangkan kelompok kontrol mendapatkan pendekatan teks cetak yang lebih konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor pasca-tes berbeda secara signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Siswa dapat terlibat dengan materi dalam konteks tekstual dan visual melalui penggunaan film subtitle dan pendekatan kelas terbalik. Hasil dari uji-t sampel berpasangan (di dalam kelompok eksperimen) dan uji-t sampel independen (antar kelompok) menunjukkan bahwa terapi tersebut secara signifikan meningkatkan pemahaman membaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Inggris sebagai bahasa asing, video bersubtitel, metode flipped classroom, pemahaman bacaan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Kadek Refi Marsita Yani
Date Deposited: 13 Aug 2025 06:46
Last Modified: 13 Aug 2025 06:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26946

Actions (login required)

View Item View Item