PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERORIENTASI BUDAYA LOKAL PADA MATERI SISTEM SARAF KELAS XI SMA

Asparini, Putu Diah (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERORIENTASI BUDAYA LOKAL PADA MATERI SISTEM SARAF KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113041004-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113041004-ABSTRAK.pdf

Download (638kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113041004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113041004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113041004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113041004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113041004-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (742kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113041004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113041004-LAMPIRAN.pdf

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, validitas, dan kepraktisan multimedia pembelajaran berorientasi budaya lokal pada materi sistem saraf manusia kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis (analyze), desain, (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Penelitian ini berlokasi di SMA Negeri 1 Singaraja. Pada penelitian ini dilakukan uji validitas dan uji kepraktisan. Uji validitas dilakukan oleh 2 ahli media dan 2 ahli materi, sedangkan uji kepraktisan dilakukan oleh 3 guru biologi dan 35 peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Singaraja. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa: (1) Rancang bangun multimedia pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari bagian pendahuluan (halaman judul, petunjuk penggunaan media, menu, capaian pembelajaran, dan tujuan pembelajaran), inti (teks, audio, gambar, video yang berkaitan dengan materi dan budaya lokal), dan penutup (evaluasi, games, glosarium, daftar pustaka, dan profil pengembang media). (2) Validitas media memperoleh skor 93,75% dan validitas materi memperoleh skor 88,75%. Kedua hasil skor tersebut dikategorikan sangat valid. (3) Hasil uji kepraktisan oleh guru memperoleh skor 95% dan hasil uji kepraktisan oleh peserta didik memperoleh skor 92,2%. Kedua hasil skor tersebut dikategorikan sangat praktis. Dengan demikian, multimedia pembelajaran berorientasi budaya lokal pada materi sistem saraf manusia dinyatakan sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Kata-kata Kunci: ADDIE, budaya lokal, multimedia pembelajaran, sistem saraf manusia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: ADDIE, budaya lokal, multimedia pembelajaran, sistem saraf manusia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Putu Diah Asparini
Date Deposited: 13 Aug 2025 12:52
Last Modified: 13 Aug 2025 12:52
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26968

Actions (login required)

View Item View Item