Asparini, Putu Diah (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERORIENTASI BUDAYA LOKAL PADA MATERI SISTEM SARAF KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113041004-COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113041004-ABSTRAK.pdf Download (638kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113041004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113041004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113041004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113041004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113041004-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (742kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113041004-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113041004-LAMPIRAN.pdf Download (13MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, validitas, dan kepraktisan multimedia pembelajaran berorientasi budaya lokal pada materi sistem saraf manusia kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis (analyze), desain, (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Penelitian ini berlokasi di SMA Negeri 1 Singaraja. Pada penelitian ini dilakukan uji validitas dan uji kepraktisan. Uji validitas dilakukan oleh 2 ahli media dan 2 ahli materi, sedangkan uji kepraktisan dilakukan oleh 3 guru biologi dan 35 peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Singaraja. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa: (1) Rancang bangun multimedia pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari bagian pendahuluan (halaman judul, petunjuk penggunaan media, menu, capaian pembelajaran, dan tujuan pembelajaran), inti (teks, audio, gambar, video yang berkaitan dengan materi dan budaya lokal), dan penutup (evaluasi, games, glosarium, daftar pustaka, dan profil pengembang media). (2) Validitas media memperoleh skor 93,75% dan validitas materi memperoleh skor 88,75%. Kedua hasil skor tersebut dikategorikan sangat valid. (3) Hasil uji kepraktisan oleh guru memperoleh skor 95% dan hasil uji kepraktisan oleh peserta didik memperoleh skor 92,2%. Kedua hasil skor tersebut dikategorikan sangat praktis. Dengan demikian, multimedia pembelajaran berorientasi budaya lokal pada materi sistem saraf manusia dinyatakan sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Kata-kata Kunci: ADDIE, budaya lokal, multimedia pembelajaran, sistem saraf manusia
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ADDIE, budaya lokal, multimedia pembelajaran, sistem saraf manusia. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Putu Diah Asparini |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 12:52 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 12:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26968 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |