Pengembangan Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi Dan Numerasi Level 3 Berbasis Item Response Theory Di Sekolah Dasar

Arjana, I Made (2025) Pengembangan Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi Dan Numerasi Level 3 Berbasis Item Response Theory Di Sekolah Dasar. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2139011030-COVER.pdf

Download (407kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2139011030-ABSTRAK.pdf

Download (110kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2139011030-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (130kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2139011030-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2139011030-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2139011030-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2139011030-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2139011030-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2139011030-LAMPIRAN.pdf

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen AKM literasi dan numerasi level 3 di sekolah dasar yang memiliki validitas isi, konsistensi internal, dan reliabilitas sesuai kriteria. Instrumen dalam penelitian ini juga diestimasi parameter butirnya dengan menggunakan Item Response Theory. Parameter butir yang diestimasi adalah daya beda butir dan tingkat kesukaran butir. Disamping itu pula instrumen AKM literasi dan numerasi dalam penelitian ini juga dianalisis kecocokan model item response theory yang digunakan. Pengembangan instrumen dalam penelitian ini dilakukan dengan melibatkan para pakar yang terdiri dari dosen di Universitas Pendidikan Ganesha dan guru-guru sekolah dasar di Kota Denpasar. Subjek uji coba instrumen yang dikembangkan di dalam penelitian ini melibatkan 438 siswa di Kota Denpasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan Model Borg and Gall. Ada sepuluh tahapan yang dilakukan dalam mengembangkan instrumen AKM literasi dan numerasi dalam penelitian ini. Kesepuluh tahapan tersebut adalah penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan bentuk permulaan produk, uji coba awal lapangan, revisi produk, uji coba lapangan, revisi produk operasional, uji coba lapangan operasional, revisi produk akhir, diseminasi dan implementasi. Penelitian ini menghasilkan dua instrumen AKM literasi dan numerasi dengan jumlah total butir instrumen sebanyak 80 butir. Hasil uji validitas isi dengan V-Aiken baik untuk AKM literasi dan numerasi menunjukkan semua butir instrumen valid. Hasil uji konsistensi internal untuk AKM literasi dan numerasi menunjukkan semua butir valid. Hasil uji reliabilitas instrumen baik untuk AKM literasi maupun numerasi ada pada kategori sangat baik. Semua butir instrumen memiliki daya beda butir baik serta tingkat kesukaran butir juga baik. Hasil uji kecocokan model menunjukkan item response theory dua parameter logistik (2 PL) dan generalized partial credit model (GPCM) lebih fit atau cocok digunakan untuk menganalisis instrumen AKM literasi maupun AKM numerasi dibandingkan dengan menggunakan item response theory satu parameter logistik (1 PL) dan partial credit model (PCM). Kata kunci: asesmen kompetensi minimum, Literasi dan numerasi, R&D Borg and Gall, item response theory

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: asesmen kompetensi minimum, Literasi dan numerasi, R&D Borg and Gall, item response theory
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3)
Depositing User: I Made Arjana
Date Deposited: 28 Aug 2025 02:15
Last Modified: 28 Aug 2025 02:15
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27059

Actions (login required)

View Item View Item