IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW MENURUNKAN KELUHAN MUSKULOSKELETAL DAN KEBOSANAN PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 TEMBUKU

Saputra, I Dewa Made Aris Tian (2020) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW MENURUNKAN KELUHAN MUSKULOSKELETAL DAN KEBOSANAN PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 TEMBUKU. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613041029-COVER.pdf

Download (332kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613041029-ABSTRAK.pdf

Download (51kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613041029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (75kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613041029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613041029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613041029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613041029-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613041029-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613041029-LAMPIRAN.pdf

Download (873kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk membuktikan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif jigsaw menurunkan keluhan muskuloskeletal dan kebosanan peserta didik. Penelitian ini menggunakan rancangan nonequivalent randomized pre and posttest kontrol group design, yang melibatkan 33 peserta didik pada kelas eksperimen dan 33 peserta didik pada kelas kontrol. Pendataan dilakukan melalui penyebaran kuesioner Nordic body map untuk mendata keluhan muskuloskeletal, dan kuesioner kebosanan untuk mendata kebosanan dalam proses pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji t independent sample, karena datanya berdistribusi normal pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif jigsaw menurunkan keluhan muskuloskeletal secara signifikan sebesar 46,71% dan kebosanan sebesar 26,76% antara kelas eksperimen dan kelas kontrol (p<0,05). Dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif jigsaw menurunkan keluhan musculoskeletal dan kebosanan peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Seririt.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Jigsaw, Keluhan Muskuloskeletal, dan Kebosanan.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QM Human anatomy
Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: I Dewa Made Aris Tian Saputra
Date Deposited: 28 Jul 2020 03:00
Last Modified: 28 Jul 2020 03:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2714

Actions (login required)

View Item View Item