Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Sentuh Tanahku di Kabupaten Buleleng Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS)

Suputri, Komang Ayu (2026) Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Sentuh Tanahku di Kabupaten Buleleng Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2115091014-COVER.pdf

Download (909kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2115091014-ABSTRAK.pdf

Download (225kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2115091014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (521kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2115091014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2115091014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2115091014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2115091014-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2115091014-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (494kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2115091014-LAMPIRAN.pdf

Download (13MB)

Abstract

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) merupakan lembaga yang menyelenggarakan urusan pertanahan di Indonesia. Namun, pada tahun 2021 ATR/BPN tercatat sebagai salah satu dari lima instansi dengan laporan terbanyak ke Ombudsman RI, yaitu 11,29% meningkat dari tahun sebelumnya sebesar 10,01%. Untuk meningkatkan kualitas layanan publik, dikembangkan aplikasi Sentuh Tanahku yang memberikan informasi pertanahan secara rutin dan transparan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna aplikasi Sentuh Tanahku di Kabupaten Buleleng serta mengetahui pengaruh variabel independen metode End User Computing Satisfaction (EUCS), yang meliputi Content, Accuracy, Format, Ease of Use, dan Timeliness terhadap kepuasan pengguna. Data penelitian diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden pengguna aplikasi dan dianalisis menggunakan metode statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pengguna berada pada kategori puas dengan skor rata-rata 3.74. Variabel Content (3.87), Accuracy (3.65), Format (3.78), dan Ease of Use (3.87) berada pada kategori puas, sedangkan Timeliness memperoleh skor terendah (3.54) dengan kategori puas. Uji hipotesis menunjukkan bahwa variabel Content, Accuracy, Ease of Use, dan Timeliness berpengaruh signifikan terhadap User Satisfaction, sedangkan Format tidak berpengaruh signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pengguna, Sentuh Tanahku, EUCS, pelayanan publik digital
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Komang Ayu Suputri
Date Deposited: 29 Oct 2025 03:11
Last Modified: 29 Oct 2025 03:11
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27246

Actions (login required)

View Item View Item