Purnama, Miftakul Rokhman (2026) THE EFFECT TEACHERS’ AND STUDENTS’ AI READINESS AND WRITING SKILL DEVELOPMENT THROUGH THE USE OF GEMINI IN GRADE 10 ENGLISH CLASSROOMS AT SMA NEGERI 1 SERIRIT. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
|
Text (COVER)
2329081056-COVER.pdf Download (2MB) |
|
|
Text (ABSTRAK)
2329081056-ABSTRAK.pdf Download (469kB) |
|
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329081056-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
|
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329081056-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329081056-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329081056-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329081056-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (562kB) | Request a copy |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329081056-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (LAMPITAN)
2329081056-LAMPIRAN.pdf Download (16MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti kesiapan guru dan siswa terhadap teknologi kecerdasan buatan serta peningkatan keterampilan menulis melalui Penggunaan Gemini di kelas bahasa inggris kelas X di SMA Negeri 1 Seririt. Penelitian ini menggunakan desain explanatory sequential mixed-methods, dimulai dengan fase kuantitatif yang menerapkan non-equivalent control group quasi experimental design. Fase ini melibatkan pre-test dan post-test keterampilan menulis serta kuesioner kesiapan AI, yang dianalisis menggunakan one-way MANOVA. Tahap ini dilanjutkan dengan fase kualitatif menggunakan analisis deskriptif untuk mengeksplorasi persepsi guru melalui wawancara semi-terstruktur. Validitas instrumen dikonfirmasi melalui penilaian ahli (expert judgment), sementara reliabilitas diuji menggunakan Cronbach’s Alpha. Hasil penelitian menunjukkan: (1) adanya pengaruh simultan yang signifikan dari penggunaan Gemini terhadap keterampilan menulis dan kesiapan AI siswa ; (2) ditemukan perbedaan yang signifikan pada post-test setelah perlakuan. Data kualitatif, yang dikumpulkan melalui wawancara guru, memberikan wawasan mendalam mengenai persepsi guru, yang menunjukkan bahwa guru merasa siap (mean 3.85) untuk mengintegrasikan AI. Guru memandang AI dapat membantu siswa dalam aspek teknis penulisan (ide, struktur, tata bahasa), sementara guru berperan memonitor orisinalitas dan memberikan umpan balik. Temuan ini menunjukkan bahwa Gemini dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis sekaligus mempersiapkan kesiapan AI siswa. Penelitian ini ditutup dengan rekomendasi untuk mengintegrasikan AI secara bijak, dengan penekanan pada peran guru sebagai fasilitator, siswa yang harus menjaga orisinalitas, dan dukungan sekolah dalam menyediakan fasilitas serta pelatihan kesiapan menggunakan kecerdasan buatan.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Gemini AI, Writing Skills, AI Readiness, English Language Learning, Teacher–AI Readiness |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education P Language and Literature > PE English P Language and Literature > PR English literature T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) |
| Depositing User: | Miftakul Rokhman Purnama |
| Date Deposited: | 27 Nov 2025 09:54 |
| Last Modified: | 27 Nov 2025 09:54 |
| URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27333 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
