Santika, Putu (2020) Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas V SD Negeri Gugus Dr Soetomo Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031252-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031252-ABSTRAK.pdf Download (228kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031252-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (139kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031252-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031252-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (527kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031252-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (730kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031252-BAB 5 PENUTUP .pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031252-DAFTAR PUSTKA.pdf Download (204kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031252-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media kartu gambar terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD Negeri Gugus Dr Soetomo Denpasar Selatan tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan desain non-equivalent kontrol group design. Populasi penelitian yaitu kelas V SD Negeri Gugus Dr Soetomo Denpasar Selatan tahun 2019/2020 sebanyak 6 kelas terdiri dari 219 siswa. Untuk menentukan sampel dipergunakan teknik cluster random sampling.Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VB SDN 12 Sesetan sebagai kelompok eksperimen dengan sebanyak 36 siswa dan kelas VA SD N 9 Sesetan sebagai kelompok kontrol sebanyak 39 siswa . Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan instrumen berupa tes objektif bentuk pilihan ganda biasa banyaknya 30 butir tes yang telah divalidasi. Data kompetensi pengetahuan IPA dianalisis dengan uji-t polled varian. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung =3,865. Harga tersebut kemudian dibandingkan dengan harga ttabeldengan dk = 73 dan taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh harga ttabel = 1,993 berarti Ho ditolak dan Ha diterima karena thitung = 3,865 > ttabel = 1,993. Demikian pula rerata kompetensi pengetahuan IPA siswa kelompok eksperimen = 0,4890 >= 0,231 rerata kompetensi pengetahuan IPA siswa kelompok kontrol. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA kelompok yang dibelajarkan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media kartu gambar dan dan kelompok yang dibelajarkan menggunakan model konvensional Kelas V SDN Gugus Dr Soetomo Denpasar Selatan. Dengan demikian model Problem Based Learning berbantuan media kartu gambar berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Negeri Gugus Dr Soetomo Denpasar Selatan tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada peneliti lain dapat dijadikan kajian yang relevan khususnya sebagai referensi bagi peneliti dengan kajian yang luas dan memperdalam teori mengenai model Problem based Learning berbantuan media kartu gambar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | problem based learning, media kartu gambar, IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI LUH PUTU SANTIKA DEWI |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 06:22 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 06:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2734 |
Actions (login required)
View Item |