Dewi, I Gusti Ayu Triska Sri Urmila (2026) THE EFFECT OF BLENDED ENGLISH LITERACY-BASED ASSESSMENT ON GRADE 8 STUDENTS’ ENGLISH LANGUAGE COMPETENCY AND ATTITUDE AT SMP NEGERI 3 GIANYAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
|
Text (COVER)
2129081027-COVER.pdf Download (15MB) |
|
|
Text (ABSTRAK)
2129081027-ABSTRAK.pdf Download (283kB) |
|
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129081027-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (300kB) |
|
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129081027-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (371kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129081027-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129081027-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (675kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129081027-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) | Request a copy |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129081027-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (362kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
2129081027-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh instrumen asesmen berbasis literasi berbasis blended terhadap ompetensi bahasa Inggris dan sikap siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Gianyar. Secara khusus, penelitian ini mengkaji pengaruh instrumen tersebut terhadap kompetensi bahasa Inggris, pengaruhnya terhadap sikap siswa terhadap pembelajaran bahasa Inggris, serta pengaruh simultannya terhadap kedua hasil tersebut. Desain quasi-experimental dengan kelompok kontrol digunakan dalam penelitian ini dengan melibatkan 64 siswa yang dibagi ke dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data dikumpulkan menggunakan tes kompetensi bahasa Inggris dan angket sikap, kemudian dianalisis menggunakan one-way MANOVA setelah asumsi normalitas, homogenitas, dan linearitas terpenuhi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asesmen berbasis literasi dalam pembelajaran blended memiliki pengaruh signifikan terhadap kompetensi bahasa Inggris dan sikap siswa terhadap pembelajaran bahasa Inggris. Analisis MANOVA juga mengungkapkan adanya pengaruh simultan yang signifikan terhadap kedua domain tersebut, yang menunjukkan bahwa asesmen blended berkontribusi pada peningkatan aspek kognitif (keterampilan bahasa) dan afektif (sikap terhadap pembelajaran) secara bersamaan. Temuan ini menegaskan bahwa integrasi asesmen berbasis literasi dalam Pembelajaran blended, yang didukung oleh platform digital yang mudah diakses, dapat mendorong keterlibatan belajar yang lebih bermakna dan meningkatkan hasil belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | asesmen berbasis literasi, bahasa Inggris, blended learning, kompetensi, sikap |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) |
| Depositing User: | I Gusti Ayu Triska Sri Urmila Dewi |
| Date Deposited: | 23 Dec 2025 11:49 |
| Last Modified: | 23 Dec 2025 11:49 |
| URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27408 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
