ANALISIS PEMAHAMAN LITERASI NUMERASI GURU SEKOLAH DASAR DI GUGUS 5 KECAMATAN BULELENG

Widicahyani, Ida Ayu Gede (2026) ANALISIS PEMAHAMAN LITERASI NUMERASI GURU SEKOLAH DASAR DI GUGUS 5 KECAMATAN BULELENG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113011091-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113011091-ABSTRAK.pdf

Download (261kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011091-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (312kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011091-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011091-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011091-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (674kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011091-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011091-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113011091-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menggambarkan tingkat literasi numerasi guru sekolah dasar di Gugus 5 Buleleng tahun ajaran 2025/2026 menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui tes uraian dan wawancara terhadap 18 guru kelas IV, V, dan VI. Analisis tes mengacu pada kerangka PISA yang mencakup enam level kemampuan dan tiga proses kognitif, yaitu formulating, employing, dan interpreting. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata literasi numerasi sebesar 2,67 yang berada pada Level 3 dengan variasi pemahaman antar guru. Kelemahan utama ditemukan pada tahap formulating, khususnya dalam membangun model matematika dan menentukan strategi penyelesaian, yang berkaitan dengan kesalahan pada tahap interpreting dalam menafsirkan konteks permasalahan serta kecenderungan berhenti pada perolehan jawaban tanpa mengevaluasi kewajaran hasil. Sementara itu, kemampuan pada tahap employing relatif lebih baik meskipun belum konsisten dalam memeriksa ketepatan perhitungan. Temuan ini berkontribusi pada pemetaan spesifik kelemahan proses kognitif literasi numerasi guru sebagai dasar perancangan pengembangan profesional yang lebih terarah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: literasi numerasi, guru sekolah dasar, pemahaman, PISA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: IDA AYU GEDE WIDICAHYANI
Date Deposited: 22 Dec 2025 02:59
Last Modified: 22 Dec 2025 02:59
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27415

Actions (login required)

View Item View Item