Rahmat, Dani (2025) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP GAYA MENGAJAR INTERAKSIONAL GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI BULELENG DI DESA PATAS KECAMATAN GEROKGAK. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
|
Text (COVER)
1914031009-COVER.pdf Download (2MB) |
|
|
Text (ABSTRAK)
1914031009-ABSTRAK.pdf Download (814kB) |
|
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1914031009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (4MB) |
|
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1914031009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1914031009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1914031009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1914031009-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1914031009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (980kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
1914031009-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara persepsi siswa terhadap gaya mengajar interaksional guru dengan motivasi belajar geografi di MAN Buleleng. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Data dikumpulkan melalui angket tertutup pada 69 siswa kelas XI yang dipilih secara random sampling. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Gaya mengajar interaksional guru telah diterapkan dengan kategori tinggi (skor 71,33), dengan indikator terkuat pada variasi suara dan kontak pandang (skor 75), namun aspek kinestetik (skor 66) perlu peningkatan; (2) Motivasi belajar siswa berada pada kategori sedang (skor 47,79) dengan distribusi 71,01% siswa di level sedang; (3) Persepsi siswa terhadap gaya mengajar termasuk kategori cukup (skor 50,66) dengan variasi tanggapan antar individu; (4) Uji korelasi Pearson menunjukkan hubungan lemah (r=0,167) dan tidak signifikan (p=0,170) antara persepsi dan motivasi. Temuan ini mengindikasikan bahwa persepsi siswa bukan penentu utama motivasi belajar geografi, melainkan dipengaruhi oleh faktor lain seperti minat pribadi, relevansi materi, dan lingkungan belajar. Implikasi penelitian menekankan perlunya pendekatan diferensiasi pembelajaran dan penguatan aspek kinestetik dalam gaya mengajar interaksional.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Gaya mengajar interaksional, motivasi belajar, pembelajaran geografi, persepsi siswa. |
| Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1) |
| Depositing User: | Dani Rahmat |
| Date Deposited: | 25 Dec 2025 09:29 |
| Last Modified: | 25 Dec 2025 09:29 |
| URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27438 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
