Sanjaya, Wayan Pedro (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V SD GUGUS IR. SOEKARNO KECAMATAN DENPASAR SELATAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031123-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031123-ABSTRAK.pdf Download (312kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031123-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (345kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031123-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031123-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (776kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031123-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (523kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031123-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031123-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (318kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031123-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran student team achievment division berbantuan media mind mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi-eksperimental design atau eksperimen semu dengan rancangan penelitian non equivalent pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus Ir. Soekarno Kecamatan Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020 sebanyak 259 siswa. Menggunakan teknik cluster random sampling dalam menentukan sampel, sampel yang terpilih terdiri dari kelompok eksperimen yaitu kelas VC SD Negeri 5 Pedungan yang diterapkan dengan model pembelajaran student team achievment division berbantuan media mind mapping dan kelompok kontrol kelas V SD Negeri 10 Pedungan dibelajarkan secara konvensional. Metode tes dengan bentuk tes objektif digunakan sebagai instrument pengumpulan data. Data pretest dan posttest yang diperoleh dianalisis dengan metode GSn dengan teknik uji t. Setelah dilakukan penelitian menunjukkan adanya perbedaan kompetensi kedua kelompok, terbukti rata-rata posttes kelompok eksperimen (X̅ = 25,18) lebih dari rata-rata kelompok kontrol (X̅ = 23,31). Berdasarkan analisis uji t diperoleh thitung = 4,377 dan pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 34+36-2 = 68 diperoleh ttabel = 1,995. Berdasarkan kriteria pengujian thitung = 4,377 > ttabel = 1,995, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran student team achievment division berbantuan media mind mapping dengan kelompok yang dibelajarkan konvensional. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran student team achievment division berbantuan media mind mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus Ir. Soekarno Kecamatan Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020. Kata kunci: Student Team Achievment Division, Mind Mapping, IPA
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Student Team Achievment Division, Mind Mapping, IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | WAYAN PEDRO SANJAYA |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 05:41 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 05:41 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2792 |
Actions (login required)
View Item |