Dewi, Kadek (2020) Pengaruh Model Team Games Tournament Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus Untung Surapati Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031343-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031343-ABSTRAK.pdf Download (252kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031343-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (358kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031343-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (383kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031343-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (554kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1411031343-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (565kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031343-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031343-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (394kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031343-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model team games tournament berbantuan media lingkungan terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Jenis penelitian ini quasi eksperiment dengan menggunakan rancangan nonequivalent pretest-posttes control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Gugus Untung Surapati, dengan jumlah 206 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling kelas IV SDN 4 Sumerta sebagai kelas eksperimen dan SDN 11 Sumerta sebagai kelas kontrol, dengan jumlah sampel 74 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dengan instrumen tes objektif pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan uji t. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa pilihan ganda yang kemudian dianalisis dengan analisis uji-t polled varian, data yang dianalisis pada penelitian ini yaitu data posttest yang merupakan kompetensi pengetahuan IPA siswa, namun terlebih dahulu dilakukan uji normalitas menggunakan kolmogorov-smirnov dan homogenitas dengan rumus fisher. Berdasarkan analisis uji t dengan (dk = 36 + 38 = 74 – 2 = 72) pada taraf signifikan 5% diperoleh thitung = 5.750 dan untuk ttabel = 1.993. Dengan demikian nilai thitung =5.750 > ttabel =1.993 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Team Games tournament berbantuan media lingkungan dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus Untung Surapati tahun ajaran 2019/2020. Kata kunci: Team Games Tournament, Media Lingkungan, Kompetensi Pengetahuan IPA
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Team Games Tournament, Media Lingkungan, Kompetensi Pengetahuan IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Surasmini Adi Candra Dewi |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 03:21 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 03:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2796 |
Actions (login required)
View Item |