Dewi, Shinta Pradnya (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS RA KARTINI TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Unversitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031342-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031342-ABSTRAK.pdf Download (416kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031342-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (341kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031342-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (440kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031342-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (674kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031342-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (496kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031342-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031342-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (312kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031342-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Kemajuan teknologi telah memberikan kontribusi yang positif bagi kehidupan manusia. Perkembangan teknologi ini memiliki kaitan yang erat dengan perkembangan sains, namun kenyataannya apabila disandingkan dengan Negara lain kualitas pendidikan sains di Indonesia masih tergolong rendah. Sains atau yang lumrah disebut Ilmu Pengetahuan Alam masih dirasakan sulit oleh sebagian besar siswa sehingga penguasaan kompetensi IPA siswa masih kurang optimal, oleh karena itu diperlukan solusi dalam mengatasi masalah ini. Model dan media pembelajaran yang digunakan merupakan hal yang harus diperhatikan agar kompetensi pengetahuan IPA siswa dapat meningkat. Pada penelitian ini diteliti apakah model pembelajaran snowball throwing berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD Negeri Gugus RA Kartini tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Seluruh siswa kelas V yang berjumlah 420 di SD Negeri Gugus RA Kartini menjadi populasi penelitian ini. Teknik simple random sampling digunakan untuk mengundi sampel penelitian hingga terpilihlah kelas eksperimen dan kelas kontrol yakni kelas VA SD Negeri 19 Pemecutan dan kelas V SDN 15 Pemecutan. Metode tes objektif berbentuk pilhan ganda biasa sebanyak 30 item tes digunakan untuk mengumpulkan data kompetensi pengetahuan IPA siswa, kemudian data dianalisis menggunakan uji t yang memperoleh hasil thitung = 6,867 ttabel = 2,000 dalam taraf signifikansi 5% dengan dk = 33 + 30 – 2 = 61 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima karena thitung > ttabel. Berdasarkan perhitungan uji t tersebut maka dapat ditarik simpulan model pembelajaran snowball throwing berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa. Kata kunci: snowball throwing, audio visual, pengetahuan IPA
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | snowball throwing, audio visual, pengetahuan IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Shinta Pradnya Dewi |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 08:35 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 08:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2809 |
Actions (login required)
View Item |