Dewi, I Gusti Ayu Agung Ida Ratna Candra (2019) THE EFFECT OF LEARNING CYCLE MODEL ASSISTED BY SELF-ASSESSMENTON STUDENTS’WRITING COMPETENCY AT EFL STUDENTS IN SMP SARASWATI 1 DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1729081027-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1729081027-ABSTRAK.pdf Download (166kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1729081027-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (238kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1729081027-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (970kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1729081027-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1729081027-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1729081027-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1729081027-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (249kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1729081027-LAMPIRAN.pdf Download (18MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengimplementasian dan effect dari learning cycle model yang dibantu oleh self-assessment pada siswa kelas VIII di SMP Saraswati 1 Denpasar thaun ajaran 2018/2019. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Saraswati 1 Denpasar. Jumlah populasi adalah 294 orang murid. Sample berjumlah 82 orang siswa, didapatkan dengan menggunakan metode random sampling. Penelitian ini menggunakan desain penelitian campuran. Desain penelitian kuantitatif menggunakan posttest-only control group design dan menggunakan descriptive qualitative design pada desain penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes menulis untuk kegiatan posttest dan sebuah lembar observasi untuk pengimplementasian learning cycle model yang dibantu oleh self-assessment. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan effek yang signifikan pada kompetensi menulis siswa pada kelompok eksperiment dan kelompok kontrol. Hasil dari uji t-test menunjukkan nilai sig. (2 tailed) adalah 0,000. ≤ 0,05. The mean score of the experimental group was 88.20 and that of the control group was 79.12. Hasil dari deskriptif statistic menujukkan nilai Mean dari kelompok eksperimen adalah 88.20 dan kelompok kontrol adalah 79.12. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kompetensi menulis siswa pada kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Kesimpulan ini didukung dengan hasil dari ceklist observasi yang menunjukkan bahwa pengimplementasian dari learning cycle model yang dibantu oleh self-assessment sangat baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | learning cycle model, self-assessment, writing competency. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) |
Depositing User: | I GUSTI AYU AGUNG IDA RATNA CANDRA DEWI |
Date Deposited: | 26 Oct 2019 04:46 |
Last Modified: | 26 Oct 2019 04:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/281 |
Actions (login required)
View Item |