Lestari, Hilmania Dwi (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL IPA BERMUATAN TES ONLINE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII di SMP NEGERI 3 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1511021032-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1511021032-ABSTRAK.pdf Download (178kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1511021032-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (224kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1511021032-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1511021032-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (690kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1511021032-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1511021032-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1511021032-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (288kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1511021032-LAMPIRAN.pdf Download (29MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses rancang bangun e-modul IPA bermuatan tes online, (2) mengetahui hasil validitas e-modul IPA bermuatan tes online menurut para ahli dan uji coba produk, dan (3) mengetahui efektivitas e-modul IPA bermuatan tes online. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu: metode wawancara, pencatatan dokumen, kuesioner, dan tes objektif tipe pilihan ganda. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian (1) Rancang bangun E-Modul IPA bermuatan tes online dengan model ADDIE meliputi lima tahapan: (a) analysis, (b) design, (c) development, (d) implementation, dan (e) evaluation. (2) E-Modul IPA bermuatan tes online valid dengan: (a) hasil review ahli isi mata pelajaran menunjukkan E-Modul IPA bermuatan tes online berpredikat sangat baik (98%), (b) hasil review ahli media menunjukkan produk berpredikat sangat baik (90,03%), (c) hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan E-Modul IPA bermuatan tes online berpredikat sangat baik (96,04%), (d) hasil uji perorangan menunjukkan E-Modul berpredikat sangat baik (91%), hasil uji kelompok kecil menunjukkan E-Modul berpredikat sangat baik (91,05%). Hasil uji lapangan menunjukkan produk berpredikat sangat baik (94%). (3) Efektivitas pengembangan menunjukkan bahwa E-Modul IPA bermuatan tes online yang dikembangkan efektif meningkatkan hasil belajar IPA (thitung = -31,27 > ttabel = 1,67 pada taraf signifikansi 5%). Ini berarti bahwa E-Modul IPA bermuatan tes online terbukti efektif secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Kata kunci: E-Modul, Model Pengembangan, Tes Online
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul, Model Pengembangan, Tes Online |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | HILMANIA DWI LESTARI |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 22:56 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 22:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2832 |
Actions (login required)
View Item |