Pertiwi, Dewa Ayu Rika (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALTY BERBANTUAN SMARTPHONE PADA MATERI TATA SURYA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613071023-COVER.pdf Download (458kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613071023-ABSTRAK.pdf Download (106kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613071023-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (143kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613071023-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI)
1613071023-BAB 3 METODELOGI.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613071023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (499kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613071023-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613071023-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (123kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613071023-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality berbantuan Smartphone pada materia Tata Surya yang dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa. Penelitiana ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang menggunakan model penelitian ADDIE. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari ahli materi, ahli media, guru dan peserta didik, sedangkan objek penelitian ini berupa media pembelajaran berbasis augmented reality berbantuan smartphone pada materi tata surya. Prosedur penelitian ini meliputi (1) tahap analisis, (2) tahap desain, dan (3) tahap pengembangan. Instrumena pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner kebutuhan, instrumen validasiadan instrumenaguru. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) berdasarkan hasil uji validasi media pembelajaran oleh ahli materi menunjukkan hasil total nilai/skor rata-rata 3,73 dengan kualifikasi valid, (2) berdasarkan hasil uji validasi media pembelajaran oleh ahli media menunjukkan rata-rata hasil 4,7 dengan kualifikasi sangat valid, (3) berdasarkan hasil uji avalidasi oleh guru menunjukkan hasil rata-rata 4,26 dengan kualifikasi sangat valid, (4) berdasarkan hasil uji keterbacaan oleh siswa dengan hasil rata-rata 4,23 dengan kualifikasi sangat terbaca. Berdasarkan hasil uji validasi dan keterbacaan media pembelajaran berbasis Augmented Reality berbantuan Smartphone pada materi Tata Surya maka media pembelajaran ini dapata digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | abstrak, media pembelajaran, augmented reality. |
Subjects: | Q Science > QB Astronomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Dewa Ayu Rika Pertiwi |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 03:14 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 03:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2880 |
Actions (login required)
View Item |