Putra, I Made Dwiyana (2020) Pengembangan Bahan Ajar Digital Interaktif dengan Pendekatan Multi Representasi pada Materi KPK dan FPB untuk Siswa SMPLB Tunarungu Kelas VII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1513011092-COVER.pdf Download (741kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1513011092-ABSTRAK.pdf Download (52kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513011092-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (245kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513011092-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METEDOLOGI PENELITIAN)
1513011092-BAB 3 METEDOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513011092-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1513011092-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513011092-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (180kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1513011092-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini yaitu untuk membuat rancang bangun, mendeskripsikan hasil dari produk akhir dan mengetahui keterpakaian (usability) dari bahan ajar digital interaktif dengan pendekatan multi representasi pada materi KPK dan FPB untuk siswa SMPLB tunarungu kelas VII. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan angket, lembar validasi dan tes, berupa angket respon siswa, angket respon guru, lembar validasi ahli dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII SLB N 1 Buleleng. Produk dari penelitian ini berupa bahan ajar digital interaktif dengan pendekatan multi representasi yang didalamnya memuat materi KPK dan FPB, video pembelajaran, media pembelajaran eksplorasi, latihan soal, daftar pustaka dan profil pengembang. Uji coba produk dilaksanakan secara terbatas sampai dengan layak, efesien dan efektif. Produk akhir berupa bahan ajar digital interaktif yang sudah memiliki kriteria layak, efisisen dan efektif. Format bahan ajar digital interaktif berupa Single site, Website dan Epub3 yang dikemas dalam bentuk CD. Bahan ajar digital interaktif sudah memiliki kriteria layak dari segi kelayakan bahan ajar, kriteria baik dari segi efisien dan efektif dari segi efektifitas. Ketuntasan klasikal yang diperoleh setelah melaksanakan uji coba sebesar 87,5%. dengan nilai tertinggi yang diperoleh sebesar 93 dan nilai terendah sebesar 73.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan ajar digital interaktif, KPK dan FPB, multi representasi, tunarungu, model ADDIE. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | I Made Dwiyana Putra |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 06:45 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 06:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2958 |
Actions (login required)
View Item |