Wahyuni, Luh Tu Selpi (2020) HUBUNGAN MINAT MEMBACA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SD KELAS V DI GUGUS V KECAMATAN BANJAR KABUPATEN BULELENG 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031314-COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031314-ABSTRAK.pdf Download (465kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031314-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (835kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
161031314-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (921kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031314- BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (932kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031314- BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031314- BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (800kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031314-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (464kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031314-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Rendahnya minat membaca dan motivasi belajar dikarenakan kurangnya dukungan keluarga, sekolah dan masyarakat untuk meningkatkan minat membaca serta motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat membaca dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPA kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini sebanyak 187 orang. Sampel ditentukan menggunakan teknik random sampling dan terpilih sebanyak 144 orang. Data yang dikumpulkan adalah minat membaca dan motivasi belajar siswa menggunakan instrumen kuesioner serta pencatatan dokumen. Data dianalisis dengan analisis regresi sederhana, korelasi product moment dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian yang didapat pertama, nilai r hitung 0.832 > r tabel 0.138 yang artinya terdapat hubungan yang signifikan minat membaca dan hasil belajar IPA. Kedua, nilai r hitung 0.988 > r tabel 0.138 yang artinya terdapat hubungan yang signifikan motivasi belajar dan hasil belajar IPA. Ketiga, nilai r hitung 0.988 > r tabel 0.164 yang artinya terdapat hubungan yang signifikan minat membaca dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPA. Hubungan tersebut menunjukkan jika minat membaca dan motivasi belajar siswa tinggi hasil belajar siswa cenderung tinggi. Hal itu berarti minat membaca dan motivasi belajar siswa sangat penting ditanamkan dalam proses pembelajaran guna mempertahankan hasil belajarnya yang baik dan meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Membaca, Motivasi Belajar, Hasil Belajar IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Luh Tu Selpi Wahyuni |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 05:17 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 05:17 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3034 |
Actions (login required)
View Item |