THE CREATIVE PROCESS ENCOUNTERED BY STUDENTS AND THE STRATEGY USED BY LECTURER IN FOSTERING STUDENTS' CREATIVITY AS BEGINNER WRITER IN WRIITNG A SHORT STORY IN CREATIVE WRITING PROCESS

Dewiyanti, Komang Sas (2020) THE CREATIVE PROCESS ENCOUNTERED BY STUDENTS AND THE STRATEGY USED BY LECTURER IN FOSTERING STUDENTS' CREATIVITY AS BEGINNER WRITER IN WRIITNG A SHORT STORY IN CREATIVE WRITING PROCESS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1612021175-COVER.pdf

Download (240kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1612021175-ABSTRAK.pdf

Download (460kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021175-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (419kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021175-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612021175-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (679kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021175-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (710kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021175-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021175-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (516kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1612021175-LAMPIRAN.pdf

Download (320kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses kreative yang dilalui oleh siswa sebagai penulis awal dalam menulis sebuah cerita pendek di dalam kelas menulis kreatif dan menyelidiki strategi yang digunakan dosen untuk menamkan kreativitas siswa untuk berproses kreative dalam menuslis cerita pendek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis khususnya penggunaan studi kasus dimana data dijelaskan berdasarkan kenyataan untuk menjawab tujuan penelitian ini dalam penemuan dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini menggungkapkan bahwa seluruh responden melalui semua ketujuh tahapan dari process kreatif dalam menulis cerita pendek. Ketujuh tahapan dari proses kreatif tersebut adalah persiapan, perencanaan, inkubasi, pendahuluan, pembuatan alur, pemecahan masalah, dan pembuatan judul. Salah satu tahapan proses kreatif yang sering terlewatkan oleh responden adalah tahapan perencanaan. Itu disebabkan karena responden menulis langsung cerita tanpa menulis rancangan ide sebuah cerita terlebih dahulu. Dan temuan penelitian lainnya mengungkapkan bahwa dosen menggunakan beberapa strategi untuk mendorong siswa agar mampu berproses kreatif dalam menulis cerita pendek. Strategi yang digunakan dosen adalah mengaplikasikan delapan unsur dalam menumbuhkan kreativitas siswa yaitu memungkinkan ide kreatif, tetap berpikiran terbuka, penghargaan ide kreatif, memimpin dengan memberi contoh, membiarkan kesalahn, membayangkan sudut pandang lain, menjelajahi lingkungan, dan proses berfikir. Semua kedelapan unsur ini sangat penting dan berpengaruh terhadap kualitas tulisan siswa. Kata kunci: proses kreatif, menulis kreatif, dan cerita pendek

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kreative process1, menulis kreatif2, cerita pendek3
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: KOMANG SAS DEWIYANTI
Date Deposited: 28 Jul 2020 07:25
Last Modified: 28 Jul 2020 07:25
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3085

Actions (login required)

View Item View Item