Putra, WP. Pebriana (2020) Pengaruh Strategi Mind Mapping Berbasis Tanya Jawab Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI SMAS Laboratorium UNDIKSHA Singaraja pada Materi Hidrokarbon. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1313031033-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1313031033-ABSTRAK.pdf Download (316kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1313031033-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (450kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1313031033-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (886kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1313031033-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (643kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1313031033-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (690kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1313031033-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (502kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1313031033-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (430kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1313031033-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pengaruh strategi pembelajaran mind mapping berbasis tanya jawab terhadap hasil belajar kimia siswa dibandingkan dengan strategi pembelajaran mind mapping standar, termasuk didalamnya aktivitas belajar siswa pada kedua strategi pembelajaran dan respon siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi mind mapping berbasis tanya jawab dan mind mapping standar. Jenis penelitian ini termasuk ke dalam eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan nonequivalent pretest/posttest control group design dengan teknik sampling menggunakan cluster random sampling didapatkan 2 kelas sebagai sampel dari populasi seluruh Kelas XI SMAS Laboratorium UNDIKSHA Singaraja Tahun Ajaran 2019/2020. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes (pretest-posttest), observasi, dan angket. Data dari hasil belajar siswa dianalisis menggunakan analisis kovarian (Anakova) dan teknik statistika deskriptif untuk menganalisis data aktivitas belajar dan respon siswa. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukkan (1) terdapat perbedaan hasil belajar pada siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan mind mapping berbasis tanya jawab dengan siswa yang dibelajarkan dengan mind mapping standar. Dilihat dari rata-rata skor posttest diketahui siswa yang dibelajarkan dengan mind mapping berbasis tanya jawab memiliki rata-rata skor yang lebih tinggi (sebesar 88,70) dibandingkan siswa yang dibelajarkan dengan mind mapping standar (sebesar 84,73). (2) Pada aspek aktivitas belajar siswa, pada kelas mind mapping berbasis tanya jawab lebih tinggi daripada kelas mind mapping standar, dimana pada kategori sikap persentase sangat baik mencapai 86,96% dan baik 13,04% dengan mind mapping tanya jawab sedangkan persentase sangat baik 13,64%, baik 72,72%, dan cukup 13,64% dengan mind mapping standar. Untuk kategori keterampilan kelas dengan mind mapping tanya jawab dengan persentase sangat baik 56,52% dan baik 43,47% yang lebih baik dari kelas mind mapping standar dengan sangat baik 13,64%, baik 63,64%, dan cukup 22,72%. (3) Aspek respon siswa terhadap strategi pembelajaran yang diberikan, pada kelas mind mapping berbasis tanya jawab lebih positif dengan respon 70% sangat baik dan 30% baik dibandingkan mind mapping standar dengan respon sangat baik 57,14%, baik 14,29%, dan cukup 28,57%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, mind mapping berbasis tanya jawab, mind mapping standar |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | Wp. Pebriana Putra |
Date Deposited: | 30 Jul 2020 00:51 |
Last Modified: | 30 Jul 2020 00:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3255 |
Actions (login required)
View Item |