Investigation of English Teachers' Challenges in Teaching English to Junior High School Students in Madenan Rural Area in the Academic Year 2019/2020

Sari, Ni Kadek Antika (2020) Investigation of English Teachers' Challenges in Teaching English to Junior High School Students in Madenan Rural Area in the Academic Year 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1512021199-COVER.pdf

Download (523kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1512021199-ABSTRAK.pdf

Download (389kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1512021199-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (518kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1512021199-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI)
1512021199-BAB 3 METODELOGI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1512021199-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1512021199-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1512021199-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (448kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1512021199-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menyelidiki tentang tantangan yang dihadapi oleh guru Bahasa Inggris SMP dalam mengajar Bahasa Inggris kepada siswa di daerah pedesaan Madenan bersama dengan bagaimana cara guru menghadapi tantangan tersebut. Penelitian ini merupakan studi kasus dua guru Bahasa Inggris di SMPN 5 Tejakula dengan menggunakan observasi dan wawancara mendalam sebagai pengumpulan data dan lembar observasi, catatan anekdot dan panduan wawancara sebagai instrument penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa letak geografis sebuah daerah berkontribusi terhadap tantangan guru khususnya pada sumber dan fasilitas mengajar. Tantangan lain juga di temukan seperti kelas yang ribut, kosa kata siswa, paparan Bahasa Inggris, psikologi siswa dalam belajar, masalah linguistik, dan alokasi waktu yang disebabkan oleh guru yang kurang mendapat pengembangan kemampuan profesional (Professional development). Banyak solusi yang di sediakan untuk menghadapi tentangan-tantangan guru dalam mengajar seperti menggunakan teguran lisan lebih efektif, guru menjadi lebih tegas, meningkatkan atmosfir Bahasa Inggris didalam kelas, menggunakan fasilitas yang ada dan mengikuti pengembangan kemampuan online seperti Webinar, YouTube stream, dll.,selanjutnya membuat aktifitas yang menyenangkan, mengajar menggunakan lagu, dan mengelola waktu. Lalu implikasi dari penelitian ini adalah untuk guru dan kepala sekolah di SMPN 5 Tejakula. Kemudian beberapa saran juga di berikan kepada guru, kepala sekolah, pemangku kepentingan dan peneliti dimasa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: tantangan mengajar Bahasa Inggris, daerah pedesaan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Kadek Antika Sari
Date Deposited: 29 Jul 2020 14:50
Last Modified: 29 Jul 2020 14:50
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3637

Actions (login required)

View Item View Item